Upaya peningkatan prestasi belajar fisika aspek kognitif dan psikomotor melalui pembelajaran CTL model inkuiri pada pokok bahasan hukum OHM dan hambatan pada siswa kelas III SLTP Negeri 1 Malang oleh Syahidin Noor
Main Author: | Noor, Syahidin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20321/ |
Daftar Isi:
- DalamupayameningkatkankualitaspendidikanpemerintahmengembangkaknurikulumbaruyaituKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)Dalamkurikulumberbasiskompetensipembelajarandilaksanakandenganmetodestrategidanteknikyangdapatmemberikankompetensikepadasiswa.Untukmencapakiompetensyiangdiinginkarqmakaperludikembangkansuatupembelajaraynangbenar-bbnamrelibatkansiswasecaraaktifuntukmemperolehpengetahuadnanketerampilan.SalahsatupembelajaranyangsesuaidengankurikulumberbasiskompetensiadalahpendekatanContextualTeacingandLearning(cTL)yaitusuatuprosespembelajaranyangdikaitkandengankonteksdimanasiswaberada.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanskenariopembelajarancrl-modelinkuiriuntukmeningkatkanprestasiaspekkognitifdanpsikomotormelaluipembelajaranCTLmodelinkuiripadapokokbahasanhukumohmdanhambatanpadasiswakelasIII-FSLTPNegeriIMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.PenelitianinidilaksanakandiSLTPNegeriIMalang.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIIIFSLTPNegeriIMalangyangberjumlah43orangsiswa.KeseluruhanpenelitiandilaksanakandalamduasiklusyaitusiklusIselama4jampelajaran(2kalipertemuand)ansiklusIIselama6jampelajaran(3kalipertemuan)S.elamasiklusdilaksanakandiadakanpengamatanaspekkognitifdanpsikomotorsiswa.Selamapelaksanaantindakanhasilnyamenunjukkansiswatertarikdenganmetodepembelajarantersebut.Padaaspekkogrritifterjadipeningkatanntlairataratayangdiperolehsiswa.siklusInilairala-rata8751meningkatmenjadr9279padasilusII.Peningkatanyangterjaditidakterlalusignifikantetapisudahdikatanmeningkat.PadaaspekpsikomotorrelatifmeningkatdarisiklusIkesiklusII.UntukketarampilanmengamatisiswatetapmampumenggunakaninderanyauntukpengamatadnarisiklusIkesiklusII.Menafsirkanrrengamatamnengalamipenurunandari8139omoenjadi5248oohalinikarenamaterisiklusIIlebihsukardarisiklusI.Menafsirkanpengamatanmengalamipeningkatandan7597%menjadi93%.Menggunakanalatdanbahanmengalamipeningkatandari4l26menjadi65070hoalinidisebabkansiswasudahterbiasamenggunakanalat.Berkomunikasmiengalamipeningkatandri663%menjadi84850odanmengajukapnertanyaajnugameningkadtan279%menjadi445%.