Penerapan pembelajaran model generatif dalam upaya meningkatkan keterampilan proses fisika mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2003/2004 FMIPA di Universitas Negeri Malang oleh Paini
Main Author: | Paini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20319/ |
Daftar Isi:
- PenerapapnembelajaraFnisikaDasarIdiJurusanFisikaFMIPAUMselamainiberlangsungdenganmetodeceftlmahyanghanyamenekankanpadakajianteorianalisispenurunanrumusdanlatihansoal.Haliniberakibattimbulnyakesulitanmahasiswadalammengkaitkankonsepfisikayangdipelajaridenganperistiwasehari-hardianrendahnyapenguasaakneterampilanprosesmahasiswaB.erdasarkankenyatanituperluadanyamodelpembelajaranbaruuntukdiujicobakandalampembeiajaraFnisikaDasarI.Modelpembelajarabnaruyangdiujicobakandalampenelitianiniadalahmodelbelajargeneratifberbasiskonstruktivismeyangterdiridari4tahapyaitutahapeksplorasitahapprosessainstahaptantangandantahappenerapankonsep.Dalampembelajaraninimahasiswadiberikesempatasneluasluasnyauntukmengajukanhipotesisawalterhadapgejalafisisyangteramati.Yangmenjadipermasalahannyaadalahbagaimanakaphenerapanpembelajaramnodelgeneratifdalamupayameningkatkanketerampilanprosesfisikamahasiswa.TujuanpenelitianiniadalahpenerapanpembelajaranmodelgeneratifdalamupayameningkatkanketerampilanprosesfisikamahasiswaPendidikanFisikaAngkatan2003l2004FMIPAdiUniversitasNegeriMalang.Rancangapnenelitianyangdigrrnakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianinidilakukandalam2siklustindakanS.iklusIdenganpokokbahasangayagesekstatikdansiklusIIdenganpokokbahasangayagesekkinetik.PenelitianinidilaksanakanpadasemesteIrtahunajaran20t03D00d4iJurusanFisikaFMIPAUM.SubyekdalampenelitianiniadalahmahasiswaPendidikanFisikaangkatan2An004yangberjumlah29mahasiswayangterdiridari24mahasiswaperempuandan5mahasiswalakiJaki.HasilanalisisdanrefleksisetelahdikenaitindakanpadasiklusIdansiklusIImenunjukkanadanyapeningkatansecarakeseluruhanuntukmasing-masingketerampilanprosesfisikayangdilatihka4yaknimelakukanpengurmata1n479o/omerumuskanhipotesisIl44Vomerancanpgercobaa1n63I7omelakukanpercobaan1585%menggunakaanlatpercobaan941%mengumpulkadnatag4l%membuatkesimpulan78lo/osertamenlusundanmenyampaikalnaporan683%.Denganadanyapeningkatanpenguasaaanspekketerampilanprosesinimenunjukkanbahwamahasiswadalambelajarfisikatidakhanyabelajarproduknyasajamelainkanjugabelajarprosesnya