Penerapan pembelajaran model generatif dalam upaya meningkatkan keterampilan proses fisika mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2003/2004 FMIPA di Universitas Negeri Malang oleh Paini

Main Author: Paini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20319/
Daftar Isi:
  • PenerapapnembelajaraFnisikaDasarIdiJurusanFisikaFMIPAUMselamainiberlangsungdenganmetodeceftlmahyanghanyamenekankanpadakajianteorianalisispenurunanrumusdanlatihansoal.Haliniberakibattimbulnyakesulitanmahasiswadalammengkaitkankonsepfisikayangdipelajaridenganperistiwasehari-hardianrendahnyapenguasaakneterampilanprosesmahasiswaB.erdasarkankenyatanituperluadanyamodelpembelajaranbaruuntukdiujicobakandalampembeiajaraFnisikaDasarI.Modelpembelajarabnaruyangdiujicobakandalampenelitianiniadalahmodelbelajargeneratifberbasiskonstruktivismeyangterdiridari4tahapyaitutahapeksplorasitahapprosessainstahaptantangandantahappenerapankonsep.Dalampembelajaraninimahasiswadiberikesempatasneluasluasnyauntukmengajukanhipotesisawalterhadapgejalafisisyangteramati.Yangmenjadipermasalahannyaadalahbagaimanakaphenerapanpembelajaramnodelgeneratifdalamupayameningkatkanketerampilanprosesfisikamahasiswa.TujuanpenelitianiniadalahpenerapanpembelajaranmodelgeneratifdalamupayameningkatkanketerampilanprosesfisikamahasiswaPendidikanFisikaAngkatan2003l2004FMIPAdiUniversitasNegeriMalang.Rancangapnenelitianyangdigrrnakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianinidilakukandalam2siklustindakanS.iklusIdenganpokokbahasangayagesekstatikdansiklusIIdenganpokokbahasangayagesekkinetik.PenelitianinidilaksanakanpadasemesteIrtahunajaran20t03D00d4iJurusanFisikaFMIPAUM.SubyekdalampenelitianiniadalahmahasiswaPendidikanFisikaangkatan2An004yangberjumlah29mahasiswayangterdiridari24mahasiswaperempuandan5mahasiswalakiJaki.HasilanalisisdanrefleksisetelahdikenaitindakanpadasiklusIdansiklusIImenunjukkanadanyapeningkatansecarakeseluruhanuntukmasing-masingketerampilanprosesfisikayangdilatihka4yaknimelakukanpengurmata1n479o/omerumuskanhipotesisIl44Vomerancanpgercobaa1n63I7omelakukanpercobaan1585%menggunakaanlatpercobaan941%mengumpulkadnatag4l%membuatkesimpulan78lo/osertamenlusundanmenyampaikalnaporan683%.Denganadanyapeningkatanpenguasaaanspekketerampilanprosesinimenunjukkanbahwamahasiswadalambelajarfisikatidakhanyabelajarproduknyasajamelainkanjugabelajarprosesnya