Penerapan model pembelajaran generatif pada perkulihan fisika dasar dan dampaknya terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun kuliah 2003/2004 Universitas Negeri Malang oleh Ratna Dwiasih

Main Author: Dwiasih, Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20316/
Daftar Isi:
  • MetodepembelajaranFisikaDasarIdiUlvIpadaumumnyamenggunakanmetodeceramahyangbiasanyamenekankanpadakajianteorianalisispenurunanrumusdanlatihansoalsehinggapengamatangejalafisissangatlahkurang.Halinilahyangdidugamenjadipenyebabkonsepyangdiperolehmahasiswatidaklahutufusehinggadapatmengakibatkanpemahamankonsepdasarmahasiswakurangkuat.PadatraFlisikaDasarImerupakanmatakuliahyangmemberikanlandasanteoridankonsepsidasarbagimahasiswauntukmenempuhmatakuliahfisikalanjut.Olehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmengintegrasikanantarakonsepdangejalafisissecarautuh.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanyaitumodelpembelajarangeneratifberbasiskonstruktivisme.Dalammodelpembelajaraninimahasiswadiberikesempatanuntukmembangunsendiripengetahuannyadankonsepsiawalmahasiswadapatteridentifikasi.Halinisangatpentinkarenakonsepsiawalmahasiswasebelummengikutiperkuliahanbelumtentubenar.AtasdasarpermasalahantersbutmakapenelitianinimengambiltindakanpenerapanmodelpembclajarangeneratifdandampaknyaterhadappeningkatankonsepfisikamahasiswapadapekuliahanFisikaDasarI.Tujuandaripenelitianiniadalahmengetahuipolasalahkonsepmahasiswapadakonsepsiawaldanpeningkatanpemahamankonsepfisikapadamahasiswasetelahmengikutipembelajaranmodelpembelajarangeneratif.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(C/assroomActionResearch.PenelitianiniberlangsungdalamduasiklusyahrisiklusImenggunakanmateriGayaGesekStatilqsiklusIImenggunakanmateriGayaGesekKinetik.SubyekpenelitianadalahmahasiswaPrograrnStudiPendidikanFisikatahunkuliah2003/2004tlM.Teknikpengumpulandaamenggunakanobservasipratesdanpascateqwawancar4dancatatanlapangan.TahaptahapdalampenelitianinimeliputitahapprapenelitiarLpelaksanaanpenelitiananalisisdatadanlaporanhasilpenelitian.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahreduksidat4paparandatapenarikankesimpulanverifikasidanrefleksi.BerdasarkanhasilanalisisdanpembatrasandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarangeneratifyangditerapkanpadaperkuliahanFisikaDasarIdapatmendeteksipolasalahkonsepfisikamahasiswapadakonsepsiawaldandapatmeningkatkanpemahamankonsepfisikamahasiswaPeningkatanpemahamankonsepinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasehasilpratesdanpascatesyaitupadasiklusIsebesar2950YodanpadasiklusIIsebesar3174%.ISaraumumsarandalampenelitianiniadalahsebaiknyaparapengajarfisikabaikgurumaupundosenmencobamenerapkanmodelpembelajarangeneratifHalinikarenamodelpembelajaraninimerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdapatmendeteksikonsepsiawalmahasiswadandapatmeningkatkanpemahamankonsepfisika