Penerapan model pembelajaran generatif pada perkulihan fisika dasar dan dampaknya terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun kuliah 2003/2004 Universitas Negeri Malang oleh Ratna Dwiasih
Main Author: | Dwiasih, Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20316/ |
Daftar Isi:
- MetodepembelajaranFisikaDasarIdiUlvIpadaumumnyamenggunakanmetodeceramahyangbiasanyamenekankanpadakajianteorianalisispenurunanrumusdanlatihansoalsehinggapengamatangejalafisissangatlahkurang.Halinilahyangdidugamenjadipenyebabkonsepyangdiperolehmahasiswatidaklahutufusehinggadapatmengakibatkanpemahamankonsepdasarmahasiswakurangkuat.PadatraFlisikaDasarImerupakanmatakuliahyangmemberikanlandasanteoridankonsepsidasarbagimahasiswauntukmenempuhmatakuliahfisikalanjut.Olehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmengintegrasikanantarakonsepdangejalafisissecarautuh.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanyaitumodelpembelajarangeneratifberbasiskonstruktivisme.Dalammodelpembelajaraninimahasiswadiberikesempatanuntukmembangunsendiripengetahuannyadankonsepsiawalmahasiswadapatteridentifikasi.Halinisangatpentinkarenakonsepsiawalmahasiswasebelummengikutiperkuliahanbelumtentubenar.AtasdasarpermasalahantersbutmakapenelitianinimengambiltindakanpenerapanmodelpembclajarangeneratifdandampaknyaterhadappeningkatankonsepfisikamahasiswapadapekuliahanFisikaDasarI.Tujuandaripenelitianiniadalahmengetahuipolasalahkonsepmahasiswapadakonsepsiawaldanpeningkatanpemahamankonsepfisikapadamahasiswasetelahmengikutipembelajaranmodelpembelajarangeneratif.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(C/assroomActionResearch.PenelitianiniberlangsungdalamduasiklusyahrisiklusImenggunakanmateriGayaGesekStatilqsiklusIImenggunakanmateriGayaGesekKinetik.SubyekpenelitianadalahmahasiswaPrograrnStudiPendidikanFisikatahunkuliah2003/2004tlM.Teknikpengumpulandaamenggunakanobservasipratesdanpascateqwawancar4dancatatanlapangan.TahaptahapdalampenelitianinimeliputitahapprapenelitiarLpelaksanaanpenelitiananalisisdatadanlaporanhasilpenelitian.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahreduksidat4paparandatapenarikankesimpulanverifikasidanrefleksi.BerdasarkanhasilanalisisdanpembatrasandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarangeneratifyangditerapkanpadaperkuliahanFisikaDasarIdapatmendeteksipolasalahkonsepfisikamahasiswapadakonsepsiawaldandapatmeningkatkanpemahamankonsepfisikamahasiswaPeningkatanpemahamankonsepinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasehasilpratesdanpascatesyaitupadasiklusIsebesar2950YodanpadasiklusIIsebesar3174%.ISaraumumsarandalampenelitianiniadalahsebaiknyaparapengajarfisikabaikgurumaupundosenmencobamenerapkanmodelpembelajarangeneratifHalinikarenamodelpembelajaraninimerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdapatmendeteksikonsepsiawalmahasiswadandapatmeningkatkanpemahamankonsepfisika