Upaya meningkatkan skap ilmah mahasiswa melalui pembelajaran generatif pada perkuliahan fisika dasar I tahaun ajaran 2003/2004 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang oleh Rumkanah

Main Author: Rumkanah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20307/
Daftar Isi:
  • PenerapanpembelajaranFisikaDasarIdiJurusanFisikaUniversitasNegerilMalangsementiairnaiberlangsungdenganmetodeceramahyanghanyamenekankanpadakajianteorianalisispenunmanrumusdanlatihansoal.Modelpembelajaransepertiinitidakdapat6ssacumalasiswaunarkbenikapilmiahselamapembelefaranberlangsungS.ikapilmiahbagiseorangmahasiswasangBdtibutuhkansekaliterutamauntukmenyempurnakaninformasyiangrnasukberkaitandenganrmtaiyangdipelajari.Dengandemikianmahasiswdaapatberpikirdengansempumasehinggadiperolehpemahamaynangbenarterhadapmateriyangdipelajari.BerdasarkanpadakenyataaniniperluadanyamodelpembelajarabnaruyangdicobakanuntrktrjuandiatasyaitumodelbelajargeneratifDalampembelajaraninimalssiswadiberikesempatanseluas-luasnyuantukmengajukanhipotesisterffipgejalaaualyangdiamati.Berdasarkanmasalahny4rnakadalampenelitianinitindakanyangdipilihadalahpenerapanpembelajarangeneratifdalampembelajaraFnisikaDasarI.PenelitianinibertujuanuntukmengetahudiampakpembelajarangeneratifterhadapsikapilmiahmahasiswaPenelitianinimarggunakanpendekataknualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Dalampenelitianiniada3ahapyaitra(l)tahapprapenelitian(2)ahappenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapprencanaanpelaksanaatnindakandanobservasisertatahaprefleksi(3)tahappelaporanT.ahappelaksanaatnindakandilaksanakandalam2siklusyaknisiklusimenggunakamnateripyagesekstatikrtansiklusIImenggrmakanmaterigayagesekkinetik.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasipembelajarangeneratifsecaraumumrnembawadampakyaitudapatmeningkatkansikapilmiahmahasiswaB.erdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelbelajargeneratifdalampembelajaraFnisikaDasarIcukupefektifuntukdijadikanbatnnrekonstruksipembeladaratenoriFisikaDasarIyangselamainimasihdidominasiolehmetodecermah.Secaraumumsaranyangperludiperhatikandarihasilpenelitianiniadalahhmdalcryapendidikyangmasihberdasarkanmetodeceramahlamprosespembelajarannybaeralihpadamodelbelajargeneratif.