Upaya meningkatkan skap ilmah mahasiswa melalui pembelajaran generatif pada perkuliahan fisika dasar I tahaun ajaran 2003/2004 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang oleh Rumkanah
Main Author: | Rumkanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20307/ |
Daftar Isi:
- PenerapanpembelajaranFisikaDasarIdiJurusanFisikaUniversitasNegerilMalangsementiairnaiberlangsungdenganmetodeceramahyanghanyamenekankanpadakajianteorianalisispenunmanrumusdanlatihansoal.Modelpembelajaransepertiinitidakdapat6ssacumalasiswaunarkbenikapilmiahselamapembelefaranberlangsungS.ikapilmiahbagiseorangmahasiswasangBdtibutuhkansekaliterutamauntukmenyempurnakaninformasyiangrnasukberkaitandenganrmtaiyangdipelajari.Dengandemikianmahasiswdaapatberpikirdengansempumasehinggadiperolehpemahamaynangbenarterhadapmateriyangdipelajari.BerdasarkanpadakenyataaniniperluadanyamodelpembelajarabnaruyangdicobakanuntrktrjuandiatasyaitumodelbelajargeneratifDalampembelajaraninimalssiswadiberikesempatanseluas-luasnyuantukmengajukanhipotesisterffipgejalaaualyangdiamati.Berdasarkanmasalahny4rnakadalampenelitianinitindakanyangdipilihadalahpenerapanpembelajarangeneratifdalampembelajaraFnisikaDasarI.PenelitianinibertujuanuntukmengetahudiampakpembelajarangeneratifterhadapsikapilmiahmahasiswaPenelitianinimarggunakanpendekataknualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Dalampenelitianiniada3ahapyaitra(l)tahapprapenelitian(2)ahappenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapprencanaanpelaksanaatnindakandanobservasisertatahaprefleksi(3)tahappelaporanT.ahappelaksanaatnindakandilaksanakandalam2siklusyaknisiklusimenggunakamnateripyagesekstatikrtansiklusIImenggrmakanmaterigayagesekkinetik.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasipembelajarangeneratifsecaraumumrnembawadampakyaitudapatmeningkatkansikapilmiahmahasiswaB.erdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelbelajargeneratifdalampembelajaraFnisikaDasarIcukupefektifuntukdijadikanbatnnrekonstruksipembeladaratenoriFisikaDasarIyangselamainimasihdidominasiolehmetodecermah.Secaraumumsaranyangperludiperhatikandarihasilpenelitianiniadalahhmdalcryapendidikyangmasihberdasarkanmetodeceramahlamprosespembelajarannybaeralihpadamodelbelajargeneratif.