Perbedaan prestasi blajar fisika antara yang diberi tugas pekerjaan rumah secara kelompok dan individu siswa kelas I SMUN I Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2002/2003 oleh Elis Triastutik

Main Author: Triastutik, Elis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20301/
Daftar Isi:
  • Frosesbelajarmengajaryangdipersiapkanolehgurusangatbrperandalemusahameningkatkanprestasibelajarsiswa.Peningkatanprestasbielajarsiswadapatdilakukandenganmenggunakanmetodemengajaryangtepatolehguru.Salahsatumetdeyangdigunaknolehguruadalatrmetodepemberiantugaspekerjaanrumahbaikyangdikerjakansecaraindividumaupunsecankelompok.Denganmetodepemberiantugaspekerjaanrumahiniskandikstahuimanakahmetodeyanglebihbaikuntukmenungkatkanprestasbielajarsiswe.PenelitianinibertujuanuntukmengetahumietodenranayanglebihbaikuntukmeningkatkanFestasibelajarfisikasiswayangdiberitugaspekerjaanrumahsecaraindividudanyangdiberitugaspekerjaanrumahsecarakelompok.PopulasidalampenelitianiniadalatrsiswakelasISMUNegeriIGondangTulungagungtahunpelajaran2A0U2W3.SampeldalampenelitianinidiambilsecaraundiandandidapatkansiswakelasIcyangdiberitugaspekerjaanrumahsecarakelompokdansiswakelas15yangdiberitugaspekerjaanrunahsecaraindividu.Setelatresperimenberaktrirkeduakelompokdiberitesprestasibelajarfisikadengansoalyangsama.Daritesprestasitrsebutakandidapatkandataprestasisiswa.Selanjuttyadatadianalisisdcnganmenggunakanuji-tdengantarafsipifikansi5%.Darihasilpenelitiandenganuji-tpadatarafsignifikansi5%menunjukkanbahwa16623046ltur19901.Jadidapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarfisikasisunayangdiberitugaspekerjaanrumahsecarnindividulebihbaikdaripadasiswayangdiberitugnspekerjaanrumehsecarakelompok.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurubidangstudifisikalebihmeningkatkankualitassiswanyadenganmernberikantugaspekerjaanrumahbaiksecaraindividumaupunsecarakelompok.Dsarankanpulabagipenelitiyangberminatuntukdapatmelakukanpenelitianyangsejenispadakelasyanglebihtiuggi(kclasIIdankelasIII)sertapadapokokbahasanyangberbeda.