Perbedaan prestasi blajar fisika antara yang diberi tugas pekerjaan rumah secara kelompok dan individu siswa kelas I SMUN I Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2002/2003 oleh Elis Triastutik
Main Author: | Triastutik, Elis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20301/ |
Daftar Isi:
- Frosesbelajarmengajaryangdipersiapkanolehgurusangatbrperandalemusahameningkatkanprestasibelajarsiswa.Peningkatanprestasbielajarsiswadapatdilakukandenganmenggunakanmetodemengajaryangtepatolehguru.Salahsatumetdeyangdigunaknolehguruadalatrmetodepemberiantugaspekerjaanrumahbaikyangdikerjakansecaraindividumaupunsecankelompok.Denganmetodepemberiantugaspekerjaanrumahiniskandikstahuimanakahmetodeyanglebihbaikuntukmenungkatkanprestasbielajarsiswe.PenelitianinibertujuanuntukmengetahumietodenranayanglebihbaikuntukmeningkatkanFestasibelajarfisikasiswayangdiberitugaspekerjaanrumahsecaraindividudanyangdiberitugaspekerjaanrumahsecarakelompok.PopulasidalampenelitianiniadalatrsiswakelasISMUNegeriIGondangTulungagungtahunpelajaran2A0U2W3.SampeldalampenelitianinidiambilsecaraundiandandidapatkansiswakelasIcyangdiberitugaspekerjaanrumahsecarakelompokdansiswakelas15yangdiberitugaspekerjaanrunahsecaraindividu.Setelatresperimenberaktrirkeduakelompokdiberitesprestasibelajarfisikadengansoalyangsama.Daritesprestasitrsebutakandidapatkandataprestasisiswa.Selanjuttyadatadianalisisdcnganmenggunakanuji-tdengantarafsipifikansi5%.Darihasilpenelitiandenganuji-tpadatarafsignifikansi5%menunjukkanbahwa16623046ltur19901.Jadidapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarfisikasisunayangdiberitugaspekerjaanrumahsecarnindividulebihbaikdaripadasiswayangdiberitugnspekerjaanrumehsecarakelompok.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurubidangstudifisikalebihmeningkatkankualitassiswanyadenganmernberikantugaspekerjaanrumahbaiksecaraindividumaupunsecarakelompok.Dsarankanpulabagipenelitiyangberminatuntukdapatmelakukanpenelitianyangsejenispadakelasyanglebihtiuggi(kclasIIdankelasIII)sertapadapokokbahasanyangberbeda.