Perbedaan prestasi belajar fisika antara yang diajar dengan menggunakan metode praktikum dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah pada sub pokok bahasan perpindahan kalor di MA Al-Maarif Tulakan Pacitan oleh Sri Lestari Widayanti

Main Author: Widayanti, Sri Lestari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20293/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidayantiSrilrstari.2003.PerbednanPrestasBietaiarFisikaAnaraSiswaYangDIaJarDenganMenggunakanMetodePrahikumDanSlswaYangDiaiarDenganMenggunakanMetodeCeramahPadaSubPokokBahasanPerpindahanKalorDiMAAlMaarifTulakanPacitan-SkripsiJurusanFisikaProgramPendidikanFisikaFMIPAUM.Pembimbing(I)Drs.SumardjiAdikusumoM.Si.(IDDrs.MudjiHartonoKataKuncimetodepraktikumprestasibelajarDidalampembelajarafnisikapraktikummerupakansuatuupayapembuktianberbagariumusdengantujuanutamasiswadapatmembangunsendirikonsepyangseaangaipetaiari.Tetapanmaupunhukum-hukumyangtelahdipelajarisecarateoritiksehinggadiharapkanmelaluipraktikumsiswadapatmengetahusiecaralangsungapayangterjadidanmembandingkadnenganhukum-hukumataurumusyangberlaku.Penelitianinibertujuanuntukmengetahupierbedaamnodelpengajarandenganpraktikumdalammeningkatkanprestasbielajarsiswadibandingdenganmetodeceramah.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodeeksperimenjenispratespascatescontrolgroupdesign.PopulaspienelitianinisiswakelasIMAAl-MaarifTulakanPacitanyangberjumlah60.Sampedliambilduakelasyangsatudipihhsebagakielompokeksperimendansatukelaslainnyasebagakielompokkontrol.Perlakuanyangdiberikanpadakelompokeksperimenadalahsiswadiajardenganmenggunakanpengajaranpraklikumdankelompokkontroldiajardenganmetodeceramah.BerdasarkapnenelitianyangdilakukandiMAAl-MaarifTulakanPacitandapatdisimpulkanadanyaperbedaanprestasbielajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepraktikumdengansiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeceramahdanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmetodepraktikumlebihtinggidibandingdenganmetodeceramah.