Perbedaan prestasi belajar fisika antara yang diajar dengan menggunakan metode praktikum dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah pada sub pokok bahasan perpindahan kalor di MA Al-Maarif Tulakan Pacitan oleh Sri Lestari Widayanti
Main Author: | Widayanti, Sri Lestari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20293/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidayantiSrilrstari.2003.PerbednanPrestasBietaiarFisikaAnaraSiswaYangDIaJarDenganMenggunakanMetodePrahikumDanSlswaYangDiaiarDenganMenggunakanMetodeCeramahPadaSubPokokBahasanPerpindahanKalorDiMAAlMaarifTulakanPacitan-SkripsiJurusanFisikaProgramPendidikanFisikaFMIPAUM.Pembimbing(I)Drs.SumardjiAdikusumoM.Si.(IDDrs.MudjiHartonoKataKuncimetodepraktikumprestasibelajarDidalampembelajarafnisikapraktikummerupakansuatuupayapembuktianberbagariumusdengantujuanutamasiswadapatmembangunsendirikonsepyangseaangaipetaiari.Tetapanmaupunhukum-hukumyangtelahdipelajarisecarateoritiksehinggadiharapkanmelaluipraktikumsiswadapatmengetahusiecaralangsungapayangterjadidanmembandingkadnenganhukum-hukumataurumusyangberlaku.Penelitianinibertujuanuntukmengetahupierbedaamnodelpengajarandenganpraktikumdalammeningkatkanprestasbielajarsiswadibandingdenganmetodeceramah.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodeeksperimenjenispratespascatescontrolgroupdesign.PopulaspienelitianinisiswakelasIMAAl-MaarifTulakanPacitanyangberjumlah60.Sampedliambilduakelasyangsatudipihhsebagakielompokeksperimendansatukelaslainnyasebagakielompokkontrol.Perlakuanyangdiberikanpadakelompokeksperimenadalahsiswadiajardenganmenggunakanpengajaranpraklikumdankelompokkontroldiajardenganmetodeceramah.BerdasarkapnenelitianyangdilakukandiMAAl-MaarifTulakanPacitandapatdisimpulkanadanyaperbedaanprestasbielajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepraktikumdengansiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeceramahdanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmetodepraktikumlebihtinggidibandingdenganmetodeceramah.