Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMAN 2 Malang tahun ajaran 2003/2004 oleh Siti Sya'idah

Main Author: Sya'idah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20285/
Daftar Isi:
  • GuruSMAN2MalangdalammelaksanakaknegiatanbelajarmengajarfisikamenerapkamnetodeceramahB.erdasarkaonbservasaiwaltemyatapenerapanmetodteersebumtenyebabkapnarasiswakurangmendapaktesempataunntukmengembangkkaenativitas.SelainitusiswajugakurangterlibatsecaraoptimaldalamkegiatanpembelajaranH.alinimerupakasnalahsatupenyebabkurangnyamotivassiiswadalambelajarH.asilobservasaiwaldiSMAN2Malangjugamenunjukkaknurangnyaperhatiansiswaterhadapmateripelajaranfisika.Halinitampakdariseringnyasiswaterlambamtasukkekelas.PerhatiansiswajugaseringterpecashelamakegiatanpembelajarabnerlangsungB.erdasarkahnasilwawancaradengagnurufisikadiSMAN2Malanghasilbelajarsiswajugacukuprendah.BerdasarkapnermasalahaynangmunculdilapangatnersebutmakametodeceramahdianggapkruangtepatuntukditerapkansehinggaperludicarimetodelainyanglebihtepatU.ntukitulahpembelajaraknooperatimfodelSTADdicobaditerapkandandianalisidsampaknytaerhadapmotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.TujuadnaripenelitianiniadalahmendeskripsikapnrosesdanhasilpenerapapnembelajarankooperatifmodelSTADdalamupayameningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Peuelitianinimerupakapnenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)P.enelitianiniberlangsundgalamduasiklusyaknisiklusImenggunakamnateriStukturIntidanRadioaktivitadsanSiklusIImenggunakamnateriReaksIintidanTeknologNiuklir.SubyekpenelitianadalahsiswakelasII-8SMAN2Malang.Pengumpuladnatamenggunakatenknikwawancaraobservaspira-tesdanpasca-tesangkedtancatatanlapanganT.ahaptahapdalampenelitianinimeliputitahapprapenelitianpelaksanaatinndakananalisisdatadanpelaporanhasilpenelitianT.eknikanalisisdatayangdigunakanadalahreduksdiatapaparandatapenarikankesimpulandanrefleksi.BerdasarkahnasilanalisisdatadanpembahasadnapatdisimpulkanbahwapembelajaraknooperatimfodelSTADyangditerapkandapatmeningkatkamnotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.Peningkatamnotivasibelajarfisikasiswadapatdilihatdaripeningkatasnkormotivasisebelumpemberiantindakandansesudaphdmberiantindakanyaituskorsebelumtindakan3.63dansesudathindakan377.Jaditerjadipeningkatamnotivasisebesa0r14atau28%.Peningkatahnasilbelajarfisikadapatdilihatdaripeningkatasnkorrata-ratapasca-tesP.adasiklusIskorrata-ratapasca-tesadalah5351sedangkapnadasiklusIIsebesa6r222.Dengadnemikiantedadipeningkatasnkorrata-ratapasca-tessebesa8r71%.SecaraumumsarandalampenelitianiniadalahsebaiknyagurumencobamenerapkapnembelajarankooperatifmodelSTAD.Halinikarenamodelpembelajaratenrsebutmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdapat