Tes pilihan ganda yang diperluas sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika di kelas I MTs Negeri 1 Malang oleh Munawirul Qulub

Main Author: Qulub, Munawirul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20281/
Daftar Isi:
  • Pengukuranhasilbelajarmerupakansuatubagiandariprosespembelajaransebagamiasukanbagipeningkatanmutuhasilbelajar.Salahsatubentukalatukurkualitaspembelajaranadalahtespilihangandayangdiperluas.Penelitianinrbertujuanuntuk(l)mendeskripsikanbagaiamanakapherancangandanpenyusunantespilihangandayangdiperluasberdasarkanmateribahanajardankurikulumyangberlaku(2)mendeskripsikanbagaimanakahtespilihangandayangdiperluasdapatdigunakandalammeningkatkankualitasprosessiswadan(3)mendeskripsikanbagaimanakahtespilihangandayangdiperluasdapatdigunakandalammeningkatkanprosespembelajaranyangdilakukanolehguru.Tespilihangandayangdiperluasadalahtespilihangandayangdilengkapidenganalasanatautanggapnyangmendasarisuatupemilihanjawaban.Haltersebutbertujuanuntukmeningkatkankualitandanpemanfaatantespilihangandasebagaialatukurkualitaspembelajaran.PenelitiandilaksanakadniMTsNegeriIMalangyangterletakdijalanBandungNo8Malang.SubyekdalampenelitianyaitusiswakelasI-Dtahunajaran20A300d4iMTsNegeriIMalangdenganjumlahsiswasebanya4k0.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatadilakukandengancaramereduksipaparandatamenarikkesimpulansementaradanmelakukanrefleksi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapnggunaantespilihangandayangdiperluasdapatmenghasilkangambaranprosespmbelaiuansiswasecaralebihjelassertadapatlebihbanyakmemberimasukanbagipeningkatankualitaspembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjuttentangpenggunaantespilihangandayangdiperluasdalammeningkatkankualitaspembelajaranpadamalapelajaranyanglain.