Pembelajaran kooperatif model STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan prestasi belajar fisika dasar II mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas negeri Malang oleh Sarimang Aisah Jamco
Main Author: | Jamco, Sarimang Aisah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20279/ |
Daftar Isi:
- FisikaDasarmerupakansalahsatumatakuriahdasaryangwajibditempuholehmahasiswtaahrurpertamadiFMIpAkhususnypaadajuiusanfisitca.tuiuannyaaguparamahasiswtaahunpertamamenguasakionsepkonsedpasarfisikasecaramantapuntukbekalmempelajarmiatakuliahfisikayanglebihlanjut.NamunkenyataannyparestasbielajarFisikaDasarIImahasiswtaahunpertamamasihrendaholehkarenaituuntukmeningkatkapnrestasbielajarFisikaDasarFdigunakanberbagaailternatimfetodepembelajaraynangmelibatkamnahasiswsaeciraaktifselamaprosepsembelajarans.alahsatumetodepmbelajarantersebuatdalahpembelajarankooperatifmodelsrAD.Penggunaamnodelinidiharapkandapatmeningkattanprestasbielajarmahasiswjaurusanfisika.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiqembegjarankooperatimfodelsrADdalammeningkatkarprestabseilajarFisikaDasaIrImahasiswparograrnstudipendidikanfisikaFMIpAuniversitasilegeriMalang.Penelitiainnimenggunakapnendekataknualitatifdengajnenispenelitiantindakaknelas(C/assroomActionResearchT).ahap-tahappenelitianinimeliputi(I)lahapperencana(a2n)tahappelaksanaa(n3)tahapobservas(i4)tahaprefleksi.PenelitiainnidilaksanakadnalamduasiklusyaknisiklusIdenganmat-eLriistrikStatisdansiklusIIdenganmaterLiistrikDinamis.Hasilpenelitianinimenu4iukkabnahwaprestasbielajarFisikaDasarIimahasiswparogamstudipendidikanfisikamengalampieningkatanp.eningkatanprestasbielajarmahasiswdaitunjukkanoleh(l)nilairata-ratikeladsarikeadaanawalsebesa4r989menjadi6143setelahmendapattindakanwdasiklusIdanmenjad6i463setelahmendapatitndakanpadasiklusII(2)pelsentaskeelulusanberdasarkaknriteriapadaPedomanPendidikanUniversitasi.IegerMialangdarisiklusIsebesa6r0%omenjad7i15%padasiklusII(3)rata-rataskorpadamasing-masingkelompomkangalampieningkatadnarisiklusikesiklusII(4jPrestasbielajaarniarakemamprraanrvaldengansiklusImengalampieningkataynangsigrrifikannamunantarasiklusIdengansiklusIItidakadapeningkataynangsignifikanDarihasilpenelitiantersebudtapatdisimpulkanbahwapenerapapnembelajqankooperatimfodelsrADdapatmeningkatkapnrestasbieiajarFisikaDasarIImahasiswSa.ecaruamumdapadtisarankaangar(l)liepadadosenfisikadiharapkanynlmeryifh_pembel3r.aknooperatifmodetSTADsebagaailternatifpilihanpembelajaradnikelas(2)dilalnrkapnenelitianlebihlanjutmiJarnyuantukjenjangpendidikaSnMUdanSLTP.