Pembelajaran kooperatif model STAD (student teams achievement division) dalam meningkatkan prestasi belajar fisika dasar II mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas negeri Malang oleh Sarimang Aisah Jamco

Main Author: Jamco, Sarimang Aisah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20279/
Daftar Isi:
  • FisikaDasarmerupakansalahsatumatakuriahdasaryangwajibditempuholehmahasiswtaahrurpertamadiFMIpAkhususnypaadajuiusanfisitca.tuiuannyaaguparamahasiswtaahunpertamamenguasakionsepkonsedpasarfisikasecaramantapuntukbekalmempelajarmiatakuliahfisikayanglebihlanjut.NamunkenyataannyparestasbielajarFisikaDasarIImahasiswtaahunpertamamasihrendaholehkarenaituuntukmeningkatkapnrestasbielajarFisikaDasarFdigunakanberbagaailternatimfetodepembelajaraynangmelibatkamnahasiswsaeciraaktifselamaprosepsembelajarans.alahsatumetodepmbelajarantersebuatdalahpembelajarankooperatifmodelsrAD.Penggunaamnodelinidiharapkandapatmeningkattanprestasbielajarmahasiswjaurusanfisika.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiqembegjarankooperatimfodelsrADdalammeningkatkarprestabseilajarFisikaDasaIrImahasiswparograrnstudipendidikanfisikaFMIpAuniversitasilegeriMalang.Penelitiainnimenggunakapnendekataknualitatifdengajnenispenelitiantindakaknelas(C/assroomActionResearchT).ahap-tahappenelitianinimeliputi(I)lahapperencana(a2n)tahappelaksanaa(n3)tahapobservas(i4)tahaprefleksi.PenelitiainnidilaksanakadnalamduasiklusyaknisiklusIdenganmat-eLriistrikStatisdansiklusIIdenganmaterLiistrikDinamis.Hasilpenelitianinimenu4iukkabnahwaprestasbielajarFisikaDasarIimahasiswparogamstudipendidikanfisikamengalampieningkatanp.eningkatanprestasbielajarmahasiswdaitunjukkanoleh(l)nilairata-ratikeladsarikeadaanawalsebesa4r989menjadi6143setelahmendapattindakanwdasiklusIdanmenjad6i463setelahmendapatitndakanpadasiklusII(2)pelsentaskeelulusanberdasarkaknriteriapadaPedomanPendidikanUniversitasi.IegerMialangdarisiklusIsebesa6r0%omenjad7i15%padasiklusII(3)rata-rataskorpadamasing-masingkelompomkangalampieningkatadnarisiklusikesiklusII(4jPrestasbielajaarniarakemamprraanrvaldengansiklusImengalampieningkataynangsigrrifikannamunantarasiklusIdengansiklusIItidakadapeningkataynangsignifikanDarihasilpenelitiantersebudtapatdisimpulkanbahwapenerapapnembelajqankooperatimfodelsrADdapatmeningkatkapnrestasbieiajarFisikaDasarIImahasiswSa.ecaruamumdapadtisarankaangar(l)liepadadosenfisikadiharapkanynlmeryifh_pembel3r.aknooperatifmodetSTADsebagaailternatifpilihanpembelajaradnikelas(2)dilalnrkapnenelitianlebihlanjutmiJarnyuantukjenjangpendidikaSnMUdanSLTP.