Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas II semester I SMU Laboratorium UM tahun pelajaran 2003/2004 oleh Yuni Haryati
Main Author: | Haryati, Yuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20278/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkaonbservasaiwaldanwawancaradengangurufisikadisMULaboratoriumUMrata-rataprestasbielajarfisikasiswaketikakelasIadalah562Hasiltersebumtasihmenunjukkanangkayangrelatifrendah.AdapunmetodebelajarmengajayrangdilakukanselamainiadalahceramaldtandemonstrasDi.arthasiipengamatadnitemukanbahwaketerampilansiswauntukterlibatlangsungdenganaiatpercobaanrendahkeingintahuansiswaterhadapkejadianpadadem-onstrasaindpercobaamnasihrendahsehinggasikapilmiahsiswatidakdapatdikembangkanU.ntukituperludicobapembelajarabnarudenganpendekatanpembelajaraknontekstua(lCTL)modelinkuiri.MelaluipenelitianinidikajiapakahsikapitmiahdanprestasbielajarfisikasiswameningkatsebagadiampakdaripendekatapnembelajaraknontekstualPenelitianinibertujuanuntukmengetahupieningkatansikapilmiahdanprestasbielajarsiswakelasiI-4SMULaboratoriumUM.PenelitianinidilaksanakaunntukpokokbahasanrangkaianlistrikarussearahpadasemesteIrtahunpelajaran20031200d4iSMULaboratoriumUM.Aspeksikapilmiahyangditelitiadalahkemarnpuabnertanyakemampuanberpendapat/menjawabberanibertanyakeaklifan/keterlibatandalamprosesbelajarmenghargapiendapaotranglainmemilikirasaingintahudankejujurandalammengambildataPenelitianinimenggunakapnendekataknualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(C/asrroomActiortResearcltm)elalui3siklustindakanTindakanyangdiberikandalampenelitianiniadalahpembelajaraknontekstuadlenganmodelinkuiriyangterdiridari4tahapyaitutahappengajuanmasalahtahappenstrukturanmasalahtahappengajuanhipotesisdantahappelaksarraaneksperimen.HasilpenelitiandisimpulkanbahwapadasiklusIpersentasjuemlahrataratasiswayangmemenuhaispeksikapilmiah372%siklusII4640/odansikluslII62VosecaraumumsikapilmiahselamapembelajaramneningkatP.adaaspekkognitifprestasbielajarfisikasiswaterjadipeningkatannilairata-rctayarlgdiperolehsiswa.siklusIdengannilairata-rata778lpadasiklusIImengalamipenurunandengannilairata-rata7014kemudianmeningkamtenjadi801padasiklusIII.