Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan pendekatan SPIKK (sikap berpikir kritis dan kreatif) pokok bahasan bunyi siswa kelas II semester I SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan oleh Nani Susanty
Main Author: | Susanty, Nani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20270/ |
Daftar Isi:
- Fenomenayangtampakdarirendahnyamotivasibelajarfisikasiswaadalahanggapansiswayangmengatakanbahwafisikaitumerupakansuatubidangstudiyangsukmdipahami.Dikelas2ASLTPNegeri3BelawangKalimantanSelatanindikasirendahnyamotivasibelajmfisikainidapatdilihatketikagurumasukkelaskeadaankelassangatributdansiswanyatidakmemperhatikanpenjelasanguru.Ketikaditanyaapakahsudahmembacabukufisikaataubelajardirumahsiswasecataserentakmenjawabbelum-Nilairaportsemester2tahunpelajaran200212003untukbidangstudiIPAuntukkelasImasihdibawahrata-ratahaliniperludiadakanpeningkatanprestasibelajarfisikasiswayangdapatdimulaidenganmeningkatkanmotivasibelajarfisikasiswa.PembelajarandenganpendekatanSPIKKinimenekankanpadapengrasaanfisikamelaluicaraberpikirkritisdankreatif.PembelajarandenganpendekatanSPIKKdidominasiolehtanyajawabdandiskusi.Tujuanpenelitianiniadalahunhrkmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswakelas2SLTPNegeri3BelawangKalimantanSelatanmelaluipenerapanpembelajarandenganpeodekaanSPIKK.PenelitianinidilaksanakandiSLTPNegeri3BelawangKalimantanSelatanpadasemesterITahunPelajaran2003/2004.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatif.JenispenelitianyangdigrmakanadalahPenelitianTindakanKelas.Pengumpulandatadilalokandenganprosedurobservasiangketwawancaradokumentasidanperekamandata.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganpendekatanSPIKKdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswakelas2diSLTPNegeri3BelawangKalimantanSelatanuntukpokokbahasanbunyi.Halinidapatdilihatdarihasilperhitunganskorrata-ratamotivasidanprestasibetajmfisikasiswasebelumdansesudahpemberiantindakandiberikan.Untukangketmotivasimeningkatdui6357menjadi7195danuntukprestasibelajarmeningkatdari5203menjadi723.