Penerapan kegiatan laboratorium mandiridan penerapan kegiatan laboratorium terbimbing dalam pencapaian prestasi belajar fisika siswa madasah aliyah negeri 2 kelas 1 semester 2 pada pokok bahasan kalor tahun pelajaran 2002/2003 oleh Umi Alfijati

Main Author: Alfijati, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20255/
Daftar Isi:
  • Rendahnyadayaserapsiswaterhadapsuatupelajaranantaralainditandaipulaolehrendahnyapemahamansiswaterhadapkonsepyangditerima.Kondisiinididugadisebabkanolehmetodepembelajaranyangditerapkankurangtepat.kegiatanlaborstoriumterbimbingmerupakansalahsatumetodeyangmempunyaikelebihanmelatihsiswadalammemahamisuatukonsepFisikasecaraefektifdanefisienterutamapadabahasankaloryangdidasarkanataspengalamansiswasehari-hari.PenelitianyangdilaksanakandiMadrasahAliyahNegeri2MadiundimaksudkanuntukbeberapatujuanapakahprestasibelajarFisikasiswayangdiajardenganmenggunakankegiatanlaboratoriumterbimbinglebihbaikdarisiswayangdiajardenganpendekatankegiatanlaboratoriummandiri.PenelitiandilaksanakanpadabulanMeisampaidenganJuni2003.SampelpenelitianberasaldarikelasIsemesterII.Dari7kelasdiambilsampel2kelas(76siswa)dengantekniksamplingkluster.Rancanganyangdigunakandalampenelitianadalahrancanganeksperimensemu.Sampelpenelitiandibagimenjadi2kelompokkelasyangmasingmasingdiberiperlakuankegiatanlaboratoriummandiridansatukelasdengankegiatanlaboratoriumterbimbing.Untukmengetahuipengaruhperlakuaneksperimenmakadigunakanteknikstatistikujit.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdiajardenganmenggunakankegiatanlaboratoriummandiri(62.053)dengansiswayangdiajardengankegiatanlaboratoriumterbimbing(72.654).Sehinggasiswayangdiajardengankegiatanlaboratoriumterbimbinglebihbaikdaripadasiswayangdiajardenganmenggunakankegiatanlaboratoriummandiri.