Penerapan kegiatan laboratorium mandiridan penerapan kegiatan laboratorium terbimbing dalam pencapaian prestasi belajar fisika siswa madasah aliyah negeri 2 kelas 1 semester 2 pada pokok bahasan kalor tahun pelajaran 2002/2003 oleh Umi Alfijati
Main Author: | Alfijati, Umi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20255/ |
Daftar Isi:
- Rendahnyadayaserapsiswaterhadapsuatupelajaranantaralainditandaipulaolehrendahnyapemahamansiswaterhadapkonsepyangditerima.Kondisiinididugadisebabkanolehmetodepembelajaranyangditerapkankurangtepat.kegiatanlaborstoriumterbimbingmerupakansalahsatumetodeyangmempunyaikelebihanmelatihsiswadalammemahamisuatukonsepFisikasecaraefektifdanefisienterutamapadabahasankaloryangdidasarkanataspengalamansiswasehari-hari.PenelitianyangdilaksanakandiMadrasahAliyahNegeri2MadiundimaksudkanuntukbeberapatujuanapakahprestasibelajarFisikasiswayangdiajardenganmenggunakankegiatanlaboratoriumterbimbinglebihbaikdarisiswayangdiajardenganpendekatankegiatanlaboratoriummandiri.PenelitiandilaksanakanpadabulanMeisampaidenganJuni2003.SampelpenelitianberasaldarikelasIsemesterII.Dari7kelasdiambilsampel2kelas(76siswa)dengantekniksamplingkluster.Rancanganyangdigunakandalampenelitianadalahrancanganeksperimensemu.Sampelpenelitiandibagimenjadi2kelompokkelasyangmasingmasingdiberiperlakuankegiatanlaboratoriummandiridansatukelasdengankegiatanlaboratoriumterbimbing.Untukmengetahuipengaruhperlakuaneksperimenmakadigunakanteknikstatistikujit.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdiajardenganmenggunakankegiatanlaboratoriummandiri(62.053)dengansiswayangdiajardengankegiatanlaboratoriumterbimbing(72.654).Sehinggasiswayangdiajardengankegiatanlaboratoriumterbimbinglebihbaikdaripadasiswayangdiajardenganmenggunakankegiatanlaboratoriummandiri.