Upaya meningkatkan ketrampilan proses dan prestasi belajar fisika siswakelas II-B SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Tri Zanuarika Muhyianti

Main Author: Muhyianti, Tri Zanuarika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20245/
Daftar Isi:
  • PembelajaranfisikadiSLTPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang(SLTPLabUM)khususnyadikelasII-8sementarainimenggunakanmetodeceramah.Hanyasesekalisiswadiajakkelaboratoriumuntukberpraktikumjikaalatyangdibutuhkantersedia.HalinimenyebabkanketerampilanprosessiswatidakdapatberkembangdenganmaksimalkarenakemampuanketerampilanprosessiswasecaranyatadapatdilihatketikasiswaberpraklikumB.erdasarkankenyataantersebutperlukiranyaditerapkansuatumetodepembelajaranyangdiharapkandapatmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasbielajarflsikasiswa.DalamhalinidipilihpembelajaranberbasiskonstmktivisdenganmodelSiklusBelajarkarenadenganpembelajaraninisiswadimungkinkanuntukberpraktikumsehinggadapatmeningkatkanketerampilanprosesnya.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasbielajarfisikasiswakelasII-BsemesteIrISLTPLabUMtahunajaran20021200m3elaluipernbelajarabnerbasiskonstruktivisdenganmodelsiklusBelajar.Dalampenelitianinidigunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Tahap-tahapdalampenelitianinisesuadiengantahap-tahapdalamPTKyakni(1)perencanaantjndakan(plan)Q)pelalcsanaantindakandanobservas(iactandobserve)dan(3)refleksi(reflect).Penelitianinidilaksanakandalwn2siklusyaitusiklusIdenganmateriCahayadansiklusIIdenganmateriAlatOptik.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaketerampilanprosesdanprestasibelajarfisikasiswakelasII-BmengalampieningkatanP.eningkatanketerampilanprosessiswaditunjukkandenganmeningkatnyarerataskorketerampilanprosessiswadarisiklusIkesiklusII.Sedangkanpeningkatanprestasbielajarsiswaditunjukkandenganmeningkatnyaselisihantarareratanilaipre-testdanpost-test(AP)tiapsubpokokbahasanjugadidukungdenganmeningkatnyanilaiulanganhariantiappokokbahasandarisiklusIkesiklusILDarihasilpenelitiantersebutdapatditarikkesimpulanbahwapenerapanpembelajaranberbasiskonstruktivisdenganmodelSiklusBelajardapatmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasbielajarfisikasiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagar(l)dilakukanpenelitianlebihlanjutrnisalnyauntukjenjangpendidikanyanglain(2)pendidikyangmasihmenggunakanmetodeceramahdapatmemilihpembelajaranberbasiskonstrutivisdenganmodelSiklusBelajardalampembelajanndikelas(3)sekolahlebihmemperhatikanketersediaanalatpralctikumwalaupunsederhanauntukmentrnjangpembelajarankarenamodelpembelajaraninimengutamakaninteraksisiswadenganbendakonkret