Upaya meningkatkan ketrampilan proses dan prestasi belajar fisika siswakelas II-B SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Tri Zanuarika Muhyianti
Main Author: | Muhyianti, Tri Zanuarika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20245/ |
Daftar Isi:
- PembelajaranfisikadiSLTPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang(SLTPLabUM)khususnyadikelasII-8sementarainimenggunakanmetodeceramah.Hanyasesekalisiswadiajakkelaboratoriumuntukberpraktikumjikaalatyangdibutuhkantersedia.HalinimenyebabkanketerampilanprosessiswatidakdapatberkembangdenganmaksimalkarenakemampuanketerampilanprosessiswasecaranyatadapatdilihatketikasiswaberpraklikumB.erdasarkankenyataantersebutperlukiranyaditerapkansuatumetodepembelajaranyangdiharapkandapatmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasbielajarflsikasiswa.DalamhalinidipilihpembelajaranberbasiskonstmktivisdenganmodelSiklusBelajarkarenadenganpembelajaraninisiswadimungkinkanuntukberpraktikumsehinggadapatmeningkatkanketerampilanprosesnya.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasbielajarfisikasiswakelasII-BsemesteIrISLTPLabUMtahunajaran20021200m3elaluipernbelajarabnerbasiskonstruktivisdenganmodelsiklusBelajar.Dalampenelitianinidigunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Tahap-tahapdalampenelitianinisesuadiengantahap-tahapdalamPTKyakni(1)perencanaantjndakan(plan)Q)pelalcsanaantindakandanobservas(iactandobserve)dan(3)refleksi(reflect).Penelitianinidilaksanakandalwn2siklusyaitusiklusIdenganmateriCahayadansiklusIIdenganmateriAlatOptik.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaketerampilanprosesdanprestasibelajarfisikasiswakelasII-BmengalampieningkatanP.eningkatanketerampilanprosessiswaditunjukkandenganmeningkatnyarerataskorketerampilanprosessiswadarisiklusIkesiklusII.Sedangkanpeningkatanprestasbielajarsiswaditunjukkandenganmeningkatnyaselisihantarareratanilaipre-testdanpost-test(AP)tiapsubpokokbahasanjugadidukungdenganmeningkatnyanilaiulanganhariantiappokokbahasandarisiklusIkesiklusILDarihasilpenelitiantersebutdapatditarikkesimpulanbahwapenerapanpembelajaranberbasiskonstruktivisdenganmodelSiklusBelajardapatmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasbielajarfisikasiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagar(l)dilakukanpenelitianlebihlanjutrnisalnyauntukjenjangpendidikanyanglain(2)pendidikyangmasihmenggunakanmetodeceramahdapatmemilihpembelajaranberbasiskonstrutivisdenganmodelSiklusBelajardalampembelajanndikelas(3)sekolahlebihmemperhatikanketersediaanalatpralctikumwalaupunsederhanauntukmentrnjangpembelajarankarenamodelpembelajaraninimengutamakaninteraksisiswadenganbendakonkret