Pemberian tugas pekerjaan rumah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas II-1 semester IV SMU negeri 9 Malang tahun pelajaran 2002/2003 oleh Dedy Masmulyadi

Main Author: Masmulyadi, Dedy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20229/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMasmulyadDiedy.2003.PemberianTugasPekeriaanRumahUntukMeningkatkanMotivasidanPrestasiBetaiarFisikaSiswaKelqsII-lSemesteIrVSMUNegeri9MalangTahunPelajaran2002/2003.skripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SirwadjiPembimbing(tr)Dra.HartatiekM.Si.Katakuncimetodepembelajaranmotivasiprestasbielajar.Pembelajaranfisikadenganmetodepemberiantugaspekerjaanrumahadalahsuatumetodeyangdiberikanolehgurukepadasiswadanpenyelesaiannydailuarkegiatantatapmukayangdikerjakandibukutuliskemudiandikumpulkanpadaprtemuanberikutnya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuicaradanhambatanapasajayangmunculpadasaatmenerapkanpembelajaranfisikadenganmetodepembedantugaspekerjaanrumahyangdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisika.penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifyangberbenhrktindakankelasdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasII-1sMUNegeri9Malangtahunpelajaran200212003denganjumlah4lsiswayangterdiridari14siswalaki-lakidan)ZSisaperempuanP.okokbahasannyaadalahstrukturatomhidrogen.Penelitianinidirancangdalamsikluskegiatan.Masing-masingterdirdiariempattahapanyangterdiridariperencan.uulpelaksanaanobservasidanrefleksi.Tindakankelasyangdiberikanadalahpemberiantugaspekerjaanrumah(individu)yaitutugasIdanTugasIIpadasiklusIdanpemberiantugaspekeaanrumah(kelompok)dantugasIII(individu)padasiklusII.JenispenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdimanapenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangdisusundalambentuknarasidanpengumpulandatayangdilakukanadabeberapateknikyaituobsewasidokumentasiangketwawancaratugaspekerjaanrumahdanpengukuranM.akaprinsipdasaryangdigunakandalampenelitianiniyaitusiklus.SesuaidengankondisisiswakelasII-lSMUNegeri9Malanguntukmengaklifkansiswadalambelajardanmembiasakanbelajardirumahpenelitiberuiahamelakgkanpembelajarandenganmetodepemberiantugaspekeaanrumah.Denganmetodeinidiharapkansiswadapattermotivasidanprestasibelajamyameningkatsertapenguasaaknonsepfisikasiswadapatmeningftat.PeningkataniniOapatlihatOariaatanilairata-ratakelasulanganharianyangdari691menjadi716danpersentasesiswayangmencapaiketuntasanbelajarmeningkatdai65%menjpdi7S%dan4lsiswa.Sedangkapneningkatanmotivasibelajarsiswamenunjukkanpersentasleibihbaik.Hambatanyangmunculselamapenerapanmetodepemberiantugaspekerjaanrumahinidapatdirincisebagabierikut(a)keterbatasanbukubukuyangdimilikiolehsiswa(b)jaraktempattinggalsiswadengansiswalainnyaberbeda-bedaadayangjauhdandekatsehinggasiswayanginginbelajarbersamauntukjarakyangjauhwaktunyatidakmemungkinkan(c)jikatugasyangdiberikanolehgurupadasiswauntukdikumpulkanpadapertemuanselanjutnyabersamaandenganulanganpelajaranlainnyasiswamengerjakannytaidakoptimalatauseadanya(d)gurutidakbisamengawaseicaralangsungpekerjaansiswakarenatugastersebutdiluarjampelajaransekolah(e)siswayangmengalamimasalahmengeakantugasdirumahkarenatidakadayangmembantu(0dalamprosespembelajarandenganmetodepemberiatnugaspekerjaanrumahkadang-kadangsiswamenjadibosan(g)siswayangdudukdikelasbagianbelakangseringbicar4dao(h)masihbanyaksiswayangbelumbelajardirumah.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranfisikadenganmetodepemberiantugaspekerjaanrumatrsangatefektifdalammeningkatkanmotivasidanprestasibetaiarnsapokokbahasanstrukturatomhidrogen.OlehsebabitugurukhususnyagurufisikadiSMUNegeri9MalangdangurufisikasMUpadaumumnyauntukdapatmenerapkanmetodetersebutdalambahasanyangidentikdengapnokokbahasanstrukturatomhidrogen.1l