Pembelajaran perbaikan dengan metode ceramah dan demonstrasi dalam pencapaian ketuntasan belajar pada konsep besaran dan satuan bagi siswa kelas I Cawu 1 SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2001/2002

Main Author: Suriyana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20225/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSuriyana.2002.PembelajaranPerboikandenganMetodeceramahdanDemonstrasidalamPencapaianKetuntasanBelojarpodaKonsepBesarandansqtuanbagisiswaKelasIcawuIsLTpLaboruorium(JniversitasNegeriMalangTahunPelajaran20u2a02.skripsi.programstudipJndidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmupengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(l)Drs.Subani(lI)Drs.SutopoM.Si.Katakunciketuntasanbelajarpembelajarapnerbaikan.TelahdilakukanpenelitiantentangpembetajaranperbaikandenganmetodeceramahdandemontrasiuntukmencapaiketuntasanbelajarsiswakelallcawuIsLTPLabuMJvlalangpadakonsepbesarandansatuan.penelitianinibertujuanuntukmenentukanpersentasepeningkatanketuntasanbetajarsiswakelasIcawuISLTPlabUMsetelatrdiberipembelajaranperbaikan.penelitianinidilaksanakandaribulanJulisampaidenganbulanSeptember2001.Langkah-langkahyangdigunakanadarah(a)menentukankelasyangaigunatansebagaikelaspenelitiandenganteknikacakdandiperoleh4(empat)kelastyaknikelasIAIBICID(b)setelahditetapkankelaspenelitianmakadilakukantelaahhasilulanganhariansiswasetelahberakhimyakegiatanpembelajaranmateribesarandansatuan(c)selanjutnyahasiltelaahulanganhariansiswainidigunakanuntukmenyulunrenoanakegiatanpembelajaranperbaikanpadasemuasisw4(d)setelahberakhirnyakegiatanpembelajaranperbaikanmakadilakukantesakhir(e)hasiltesakhirinidigunakanuntukmenentukanpersentasepeningkatanketuntasan6ehjarslswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanadapeningkatanpemahamansiswasetelahdiberikanpembelajaranperbaikandari48620moenjadi8s580AK.esimpulanyangdiperolehadalahpembelajaranperbaikadnenganmetodeceramahdandemonstrasidapatmeningkatkanketuntasanbelajarsiswapadapokokbahasanbesarandansatuan.