Pembelajaran perbaikan dengan metode ceramah dan demonstrasi dalam pencapaian ketuntasan belajar pada konsep besaran dan satuan bagi siswa kelas I Cawu 1 SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2001/2002
Main Author: | Suriyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20225/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuriyana.2002.PembelajaranPerboikandenganMetodeceramahdanDemonstrasidalamPencapaianKetuntasanBelojarpodaKonsepBesarandansqtuanbagisiswaKelasIcawuIsLTpLaboruorium(JniversitasNegeriMalangTahunPelajaran20u2a02.skripsi.programstudipJndidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmupengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(l)Drs.Subani(lI)Drs.SutopoM.Si.Katakunciketuntasanbelajarpembelajarapnerbaikan.TelahdilakukanpenelitiantentangpembetajaranperbaikandenganmetodeceramahdandemontrasiuntukmencapaiketuntasanbelajarsiswakelallcawuIsLTPLabuMJvlalangpadakonsepbesarandansatuan.penelitianinibertujuanuntukmenentukanpersentasepeningkatanketuntasanbetajarsiswakelasIcawuISLTPlabUMsetelatrdiberipembelajaranperbaikan.penelitianinidilaksanakandaribulanJulisampaidenganbulanSeptember2001.Langkah-langkahyangdigunakanadarah(a)menentukankelasyangaigunatansebagaikelaspenelitiandenganteknikacakdandiperoleh4(empat)kelastyaknikelasIAIBICID(b)setelahditetapkankelaspenelitianmakadilakukantelaahhasilulanganhariansiswasetelahberakhimyakegiatanpembelajaranmateribesarandansatuan(c)selanjutnyahasiltelaahulanganhariansiswainidigunakanuntukmenyulunrenoanakegiatanpembelajaranperbaikanpadasemuasisw4(d)setelahberakhirnyakegiatanpembelajaranperbaikanmakadilakukantesakhir(e)hasiltesakhirinidigunakanuntukmenentukanpersentasepeningkatanketuntasan6ehjarslswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanadapeningkatanpemahamansiswasetelahdiberikanpembelajaranperbaikandari48620moenjadi8s580AK.esimpulanyangdiperolehadalahpembelajaranperbaikadnenganmetodeceramahdandemonstrasidapatmeningkatkanketuntasanbelajarsiswapadapokokbahasanbesarandansatuan.