Perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan ayat suci Al-quran dan yang dibelajarkan melalui pendekatan konvensional siswa kelas 1 semester 2 Mts Wali Songo Putra Ngabar Ponorogo tahun ajaran 2002/2003 oleh Marjuni
Main Author: | Marjuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20220/ |
Daftar Isi:
- MasalahyangdihadapiMadrasahTsanawiyahWaliSongoPutraPonorogoadalahrendahnyaprestasbielajarfisikasiswa.Halinisalahsatunyadisebabkanolehkurangnyamotivasisiswadalambelajarfisika.Sebagtansiswacenderunmgengutamakapnelajaranagama(mwtanlokal)daripadapelajaranumumtermasukfisika.Salahsatuusahayangmungkinuntukmenyelesaikanmasalahtersebuatdalahpenggunaapnendekataaanyatsucial-QurandalampembelajaranfisikaRumusanmasalahdalampenelitianiniadalahApakahadaperbedaanprestasbielajarfisikaantarasiswayangdibelajarkanmelaluipendekaknayatsuciat-QurandanyangdibelajarkanmelaluipendekataknonvensionaldanApakahprestasbietajarfisikasiswayangdibelajarkanmelaluipendekatanayatsucial-QuranlcbihtinggidaripadaprcstasbielajarfisikasiswayangdibelajarkanmelaluipendekatankonvensionalPenelitianinidilaksanakamnulaitangCa1l7Mei-14Juni2003padakelasIMTsWaliSongoPutratahunajaran2002/2003S.ampelpenelitiandiambilsecaraacakterdiridariduakelompoksiswadenganjumlahmasingmasing46dan48siswa.Ranoanganpenelitianiniadalahrancanganeksperimenmu(QuasiEtperimental)denganrancanganeksperimenyanghanyamenggunakapnost-testpadakelompokacak(IlandomizedControlGroupPostlestDesign).HasilanalisismenunjukkanbahwaadaperbedaapnrestasbielajarfisikasiswakelasIM.Ts.WaliSongoPutraNgabarPonorogotahunajaran2002/2443antzrayNrydibelajarkanmelaluipendekatanayatsucialurandanyangdibelajarmelaluipendekatankonvensional.Haliniditunjukkanolehnilait-hitunglebihbesardarinilait-tabelyaitu703198untuktarafsignifikans0i05.Dannilairata-ratakelompokeksperimen1615lebihtinggidaripdarata-ratanilaikelompokkontrol1362B.erarttiprestasbielajarfisikasiswakelasIM.Ts.WaliSongoPutraNgabarPonorogotahunajaran2002/2AA3yangdibelajarkanmelaluipendekatanayatsucial-Quranlebihtinggidznpadasiswayangdibelajarkanmelaluipendekataknonvensional.