Pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen untukmemberbaiki sikap terhadap fisika pokok bahasan kalor siswa kelas II SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan oleh Suratno

Main Author: Suratno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20215/
Daftar Isi:
  • PenelitianinidilakukanuntukmengetahuaipakahpembelajaranfisikadenganmenggunakanmetodeeksperimendapatrnemperbaiksiikapsiswaterhadapfisikasiswakelasII-BSLTPNegeri3Belawang.Halinidilaksanakankarenaselamainimetodepembelajaranyangditerapkanhanyaberupaceramahdansiswadiberitugasmencatatdanlatihansoalsehinggasikapsiswaterhadapfisikarendah.DengandemikianperluadanyaupayauntukmeningkatkansikapterhadapfisikasiswakelasII-BSLTPNegeri3Belawang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdantermasukjenispenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklustindakan.DalampenelitianinipenelitimenerapkanpembelajaranfrsikadenganmetodeeksperimenpadasiswakelasII-BSLTPNegeri3Belawang.JumlahsiswakelasII-Byangditelitisebanyak37siswa.Pokokbahasanyangdigunakandalampenelitianiniadalahkalor.Datasikapsiswaterhadapfisikadiperolehdariinstrumensikapsiswaterhadapfisikayangdiberikansebelurndansesudahdilakukanpenbelajarandenganmetodeeksperimen.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranfisikadenganmetodeeksperimendapatmemperbaikisikapsiswaterhadapfisikakelasII-BSLTPNegeri3belawangTahunPelajaran2002/2443.