Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Malang / Rahma Adina Aryanti
Main Author: | Aryanti, Rahma Adina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20198/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAryantiRahmaAdina.2010.PenerapanPendekatanProblemPosingUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirTingkatTinggidanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasXIIPA5SMANegeri3Malang.SkripsiJurusaFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ArifHidayatM.Si(II)Drs.AgusSuyudiM.Pd.KatakuncipendekatanproblemposingberpikirtingkattinggiprestasibelajarSMAN3MalangsebagaisekolahfavoritdikotaMalangmemilikiinputyangbaik.Berdasarkanobservasiawalterdapatbeberapasiswa(khususnyaXIIPA5)yangmerasabahwafisikaitusulitdanmendapatnilaidibawahSKM.Merujukpadatujuanpendidikannasionalyaitumencetakgenerasipenerusyangberilmucakapkreatifdanmandiripenelitimenerapkanpendekatanproblemposingdikelasinidengantujuanuntukmeningkatkanpemikirankritisterhadapsiswa.PenelitianinidilaksanakandiSMAN3Malangtanggal17Maretsampai1Mei.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPTKdenganpendekatankualitatif.Penelitimenerapkanpendekatanproblemposingdenganmetodepembelajarandirectinstruction.Halyangdiukuradalahketelaksanaankegiatankemampuanberpikirtingkattinggidanprestasibelajar.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaperlakuanpenelitimeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggidanprestasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.Jumlahpertanyaansiswameningkat6923%kemampuanproblemposingmeningkat20%prestasibelajardarisegirata-ratanilaisiswanaik43%sedangkankelulusansiswanaik1667%.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatditarikkesimpulanbahwapenerapanpendekatanproblemposingdenganmetodedirectinstructiondapatmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggidanprestasibelajarsiswadibidangkognitif.Disarankanagardilaksanakanpenelitianlebihlanjutuntukmengoptimalkanpelaksanaanpendekatanproblemposingini.v