Hubungan antara stres akademik dan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa kelas x sma brawijaya smart school / Lia Artika Sari
Main Author: | Sari, Lia Artika Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2022
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/201962/ |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar merupakan hasil penilaian guru terhadap muridnya sebagai reseprentasi hasil belajar selama kurun waktu tertentu. Dalam mencapai hasil prestasi yang maksimal ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi yaitu stres akademik dan prokrastinasi akademik yang mana keduanya membawa dampak negatif terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sejumlah 194 dengan sampel berjumlah 100 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Pengukuran menggunakan skala pengukuran ldquo student life stress inventory rdquo dan skala prokrastinasi akademi keduanya telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Pengukuran prestasi belajar dengan melihat nilai UTS siswa semester ganjil 2021/2022. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis statistik yaitu uji prasyarat dan uji korelasi. Hasil penelitian terdapat hubungan negatif antara stres akademik dan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar yang artinya apabila stres akademik dan prokrastinasi akademik tinggi maka prestasi belajar rendah dan berlaku sebaliknya. Nilai Fhitung gt Ftabel yaitu Fhitung 46.681 gt Ftabel 3.090.