Pengaruh motivasi dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen pada pembelajaran fisika menggunakan model learning cycle 5E pada materi pokok fluida statis tahun ajaran 2009/2010
Main Author: | Wijayanti, Ayu Siska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20195/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWijayantiAyuSiska.2010.PengaruhMotivasidanAktivitasBelajarTerhadapPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasXISMANegeri1KepanjenPadaPembelajaranFisikaMenggunakanModelLearningCycle5EPadaMateriPokokFluidaStatisTahunAjaran2009/2010JurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.BambangTahanSungkowoM.Pd(2)Drs.EddySupramonoKatakuncipembelajaranLearningCycle5EprestasibelajarmotivasibelajaraktivitasbelajarBerdasarkanobservasiawaldiSMAN1Kepanjendiketahuibahwaprestasibelajarsiswamasihrendah.HalinidapatdilihatdarisiswayangdapatmemenuhiKKMhanya338%siswadari68siswa.Gurumasihmenggunakantipekonvensionalsehinggasiswamenjadipasif.Metodeyangditerapkangurumembuatmotivasidanaktivitasbelajarsiswarendahsehinggamenyebabkanprestasibelajaryangrendahpula.UntukmengatasimasalahdiatasdicobamenerapkanmetodebelajarberbasiskonstruktivistikdenganmodelbelajarSiklusBelajar(LearningCycle).Siklusbelajar(LearningCycle)adalahsuatumodelpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered).Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodellearningcycle5Elebihtinggidibandingkansiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensionaldanmengetahuiapakahprestasimotivasidanaktivitasbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodellearningcycle5Elebihtinggidibandingkansiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensional.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXISMANegeri1Kepanjenyangterdiridari5kelas(168siswa).Sampelpenelitianterdiridari34siswakelasX1-IPA2sebagaikelaseksperimendan34siswakelasXI-IPA4sebagaikelaskontrol.PemilihansampeldilakukansecaraSamplingRandom.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahinstrumenprestasibelajarterdiri28soalpilihangandadari30soalyangsudahtervalidasidenganr0697(nilaireliabilitassedang).Penelitiandilaksanakantanggal5-20April2010.Berdasarkanhasiluji-tdanhargarerataprestasimotivasidanaktivitasbelajarsiswayangdiajardenganpembelajaranLearningCycle5ElebihtinggidibandingkanyangmengalamipembelajaranKonvensional.HasilujihipotesisdapatdisimpulkanbahwapembelajaranmenggunakanLearningCycle5Elebihefektifdibandingkandenganyangdiajarsecarakonvensional.BerdasarkanregresigandadiketahuibahwasecaraserentakmotivasidanaktivitasbelajarmemberikanpengaruhterhadapprestasibelajarfisikasiswayangmenggunakanpembelajaranLearningClickheretogetyourfreenovaPDFLiteregistrationkeyiiCycle5ElebihtinggidibandingkanyangmengalamipembelajaranKonvensional.Besarkontribusiyangdiberikanmotivasidanaktivitasterhadapprestasilebihbanyakpadakelaseksperimenyaitusebesar77.8%sedangkanpadakelaskontrolsebesar70.1%.DapatdisimpulkanbahwapengaruhmotivasidanaktivitasterhadapprestasibelajarfisikasiswamenggunakanpembelajaranLearningCycle5ElebihtinggidibandingkanpembelajaransecaraKonvensionaldilihatdarinilaisumbanganataukontribusiyangdiberikan.