Penerapan model STAD berbasis kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Malang / Novi Yunita
Main Author: | Yunita, Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20132/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYunitaNovi.2008.PenerapanModelSTADBerbasisKontekstualuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarFisikaSiswaKelasVII-ESMPNegeri4Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DwiHaryotoM.Pd(2)Drs.SutrisnoM.T.KatakuncimodelSTADkontekstualmotivasibelajarhasilbelajar.HasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVII-ESMPNegeri4Malangmenunjukkanbahwapembelajaranfisikamasihseringmenggunakanmetodeceramahdanjarangsekaligurumelakukanpraktikummaupundiskusikelompok.Disisilainmotivasidanhasilbelajarsiswarendahhaliniterlihatpadasaatgurumenjelaskanmateripelajaransebagianbesarsiswatidakmemperhatikanpenjelasangurusiswaterlihatkurangaktifdalamhalbertanyamaupunmenjawabmateripelajarandannilairata-rataulanganhariansiswamasihdibawahSKMyangditentukanolehSMPNegeri4Malang.Prosespembelajarandapatdikatakanberhasilapabilasebagianbesarsiswaterlibatsecaraaktifbaikfisikmentalmaupunsosialdalamprosespembelajarandankelasdikatakantuntasbelajarbila85%siswanyatuntasbelajar.Motivasibelajarmerupakansalahsatuaspekyangberpengaruhterhadapprosesdanhasilbelajarsiswa.TujuandaripenelitianiniuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVII-ESMPNegeri4MalangdenganpenerapanmodelSTADberbasiskontekstual.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.SetiapsiklusdilaksanakandengantindakanberupapenerapanmodelSTADberbasiskontekstual.Tahapanpelaksanaanpenelitianinidimulaidariobservasiawal.Setelahdilakukanrefleksimakadisusunlahrencanatindakanyangdisusuldenganpelaksanaanrencanatindakanobservasidanrefleksi.Demikiangambarantahapanpelaksanaanpenelitianyangdilakukansampaidengansiklusketiga.Hasilbelajarsiswauntukaspekkognitifdiukurdenganmenggunakantesyangberbentukuraiantesinidilaksanakansetiapakhirsiklus.Sedangkanmotivasibelajarkemampuanaspekafektifdankemampuanaspekpsikomotoriksiswadiukurdenganmenggunakaninstrumenberupalembarobservasi.Penelitijugamelihatperubahanmotivasibelajarsiswadariangketyangdiberikanpadaawaldanakhirpenelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranfisikadenganmodelSTADberbasiskontekstualsecarakeseluruhandapatmeningkatkanmotivasibelajarfisikasiswakelasVII-ESMPNegeri4Malang.Halinididukungpulaolehhasilanalisisangketmotivasibelajaryangmengalamipeningkatandarisebelumdiberitindakandansetelahdiberitindakan.Hasilanalisisterhadaphasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatansetelahtigasikluspembelajaran.Halinidapatterlihatdengansemakinmeningkatnyanilaiaspekkognitifaspekafektifdanaspekpsikomotorikyangdiamatidalamprosespembelajaranpadasetiapsiklusnyayangberdampakpositifterhadapketuntasanhasilbelajarfisikasiswa.