Penerapan model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw untuk meningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ratih Tri. A
Main Author: | Tri. A, Ratih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20119/ |
Daftar Isi:
- LatarbelakangdilakukannyapenelitianiniadalahpembelajarandenganmetodediskusiyangselamainidilakukandikelasXSMANegeri7Malangkurangefektif.Metodediskusiyangdilakukanmembutuhkanwaktulamatetapihasilyangdidapatkansiswakurangoptimal.Halinidapatterjadikarenakemampuankomunikasisiswayangkurangsehinggadalammenyampaikaninformasihasildiskusikepadatemankurangjelas.Inilahyangmembuattemanataukelompoklainkurangmemperhatikan.Merekatidakjelasmenerimainformasiataumateriyangdisajikan.PadahalmenurutWartono(200350)diskusimerupakansuatukegiatanyangdapatmelatihsiswauntukmengemukakanpendapatdanmeningkatkankeaktifansiswadalamprosesbelajarmengajar.Prosesdiskusimelatihmuridbersikapkritismampuberinteraksisosialdandapatberkomunikasisecaralangsung.Modelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasiadalahmodelpembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifyangdipilihadalahmodeljigsaw.Padapembelajaranjenisjigsawbabtersebutdibagimenjadibeberapabagianyangmengajaksetiapanggotakelompokmenjadiahlipadasatubagian.Setiapsiswabertanggungjawabuntukmengajaranggotalaindalamkelompoknyatentanghaltersebutsehinggainimenuntutsiswauntukterampilberkomunikasi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiprosesmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdalamupayameningkatkankemampuankomunikasisiswadanprestasibelajarfisikasiswakelasXSMANegeri7Malang.Berkenaandengantujuanpenelitianuntukmengetahuiprosespembelajaranyangberlangsungmakapenelitianinidalambentukpenelitiantindakankelas(PTK)penelitianiniberlangsungdalamduasiklus.Dalampembelajaranjigsawinisiswamelakukanempattahapanyaitubahanajardiskusikelompokahlidiskusikelompokasalpengetesandanpenghargaan.Padasaatdiskusidilakukanpenilaianuntukkemampuankomunikasisiswadenganrubrikpenilaianyangtelahdisediakan.Melaluipembelajaranmodeljigsawkemampuankomunikasisiswadapatmeningkatkarenapadapembelajaranmodeljigsawiniadaduakalidiskusiyaitudiskusikelompokahlidandiskusikelompokasal.Dalamdiskusikelompokahlisetiapkelompokmembahasmateriyangberbedasehinggamenuntutsiswadapatmengkomunikasikaninformasiyangdiperolehnyapadatemansatukelompokasal.HasilkemampuankomunikasisiswapadasiklusIsebesar8160%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8360%.Selainitudalampembelajaranjigsawinisiswamerasatidakmaluuntukbertanyapadatemanapabilamengalamikesulitansehinggasemuasiswadapatmemahamimateriyangdibahas.HalininampakdarihasiltessiswapadasiklusIIlebihbaikdibandingkannilaitespadasiklusIrataratanilaisiklusIIadalah90danrataratanilaisiklusIadalah7655.