Penerapan model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw untuk meningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ratih Tri. A

Main Author: Tri. A, Ratih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20119/
Daftar Isi:
  • LatarbelakangdilakukannyapenelitianiniadalahpembelajarandenganmetodediskusiyangselamainidilakukandikelasXSMANegeri7Malangkurangefektif.Metodediskusiyangdilakukanmembutuhkanwaktulamatetapihasilyangdidapatkansiswakurangoptimal.Halinidapatterjadikarenakemampuankomunikasisiswayangkurangsehinggadalammenyampaikaninformasihasildiskusikepadatemankurangjelas.Inilahyangmembuattemanataukelompoklainkurangmemperhatikan.Merekatidakjelasmenerimainformasiataumateriyangdisajikan.PadahalmenurutWartono(200350)diskusimerupakansuatukegiatanyangdapatmelatihsiswauntukmengemukakanpendapatdanmeningkatkankeaktifansiswadalamprosesbelajarmengajar.Prosesdiskusimelatihmuridbersikapkritismampuberinteraksisosialdandapatberkomunikasisecaralangsung.Modelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasiadalahmodelpembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifyangdipilihadalahmodeljigsaw.Padapembelajaranjenisjigsawbabtersebutdibagimenjadibeberapabagianyangmengajaksetiapanggotakelompokmenjadiahlipadasatubagian.Setiapsiswabertanggungjawabuntukmengajaranggotalaindalamkelompoknyatentanghaltersebutsehinggainimenuntutsiswauntukterampilberkomunikasi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiprosesmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdalamupayameningkatkankemampuankomunikasisiswadanprestasibelajarfisikasiswakelasXSMANegeri7Malang.Berkenaandengantujuanpenelitianuntukmengetahuiprosespembelajaranyangberlangsungmakapenelitianinidalambentukpenelitiantindakankelas(PTK)penelitianiniberlangsungdalamduasiklus.Dalampembelajaranjigsawinisiswamelakukanempattahapanyaitubahanajardiskusikelompokahlidiskusikelompokasalpengetesandanpenghargaan.Padasaatdiskusidilakukanpenilaianuntukkemampuankomunikasisiswadenganrubrikpenilaianyangtelahdisediakan.Melaluipembelajaranmodeljigsawkemampuankomunikasisiswadapatmeningkatkarenapadapembelajaranmodeljigsawiniadaduakalidiskusiyaitudiskusikelompokahlidandiskusikelompokasal.Dalamdiskusikelompokahlisetiapkelompokmembahasmateriyangberbedasehinggamenuntutsiswadapatmengkomunikasikaninformasiyangdiperolehnyapadatemansatukelompokasal.HasilkemampuankomunikasisiswapadasiklusIsebesar8160%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8360%.Selainitudalampembelajaranjigsawinisiswamerasatidakmaluuntukbertanyapadatemanapabilamengalamikesulitansehinggasemuasiswadapatmemahamimateriyangdibahas.HalininampakdarihasiltessiswapadasiklusIIlebihbaikdibandingkannilaitespadasiklusIrataratanilaisiklusIIadalah90danrataratanilaisiklusIadalah7655.