Pengaruh urea (nh2)2co sebagai diesel exhaust fluid pada selective catalytic reduction berbahan zeolite terhadap daya dan emisi gas buang mesin diesel / Fendi Handika Setiawan

Main Author: Setiawan, Fendi Handika Setiawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.um.ac.id/201031/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Handika Setiawan Fendi. 2022. Pengaruh Urea (NH2)2CO Sebagai Diesel Exhaust Fluid Pada Selective Catalytic Reduction Berbahan Zeolite Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Mesin Diesel. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. (2) Paryono Drs. S.T. M.T. Kata kunci Catalytic converter Catalytic SCR DEF Mesin diesel Daya kepekatan gas buang/opasitas Peningkatan jumlah kendaraan bermotor saat ini begitu pesat karena sebanding dengan peningkatan penggunaan oleh masyarakat sebagai sarana tranportasi. Menurut gabungan industri kendaraan bermotor Indonesia (GAIKINDO). Perusahaan otomotif yang memproduksi kendaraan penumpang dan komersial yang di indonesia. Bahwa produksi dari bulan januari 2018 sampai september 2020 sebanyak 3.113.758 unit kendaraan bermotor nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh variasi catalytic terhadap daya dan emisi gas buang pada mesin diesel. hasil penelitian akan digunakan untuk pengayaan keilmuan teknik otomotif terapan dan untuk keperluan praktisi teknik otomotif. nbsp nbsp nbsp nbsp Untuk meneliti masalah tersebut telah dilakukan pengujian daya mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc menggunakan dayno test di bengkel Roda Jaya Speed Malang dan pengujian emisi gas buang yang diteliti yaitu kadar kepekatan gas buang/opasitas mesin diesel Toyota Kijang LGX 2000 cc menggunakan smoke tester di bengkel Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Dengan menggunakan variasi tipe Catalytic ( Catalytic converter Catalytic SCR selective catalytic reduction dengan DEF diesel exhaust fluid 20% 32.5% 40% dan tidak menggunakan catalytic) kemudian di uji pengaruhnya terhadap daya dan kadar kepekatan gas buang/opasitas pada putaran mesin 1000 1250 1500 1750 2000 2250 2500 2750 3000 RPM didapatkan hasil bahwa 1)Ada perbedaan daya yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR selective catalytic reduction dengan DEF diesel exhaust fluid 20% 32.5% 40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc 2)Ada perbedaan daya yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan yang tidak menggunakan catalytic mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc 3)Ada perbedaan kadar kepekatan gas buang/opasitas yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR selective catalytic reduction dengan DEF diesel exhaust fluid 20% 32.5% 40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc 4)Ada perbedaan kadar kepekatan gas buang/opasitas yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR selective catalytic reduction dengan DEF diesel exhaust fluid 20% 32.5% 40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Berdasarkan hasil penelitian di atas beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain 1)bagi akademisi universitas negeri malang sebagai referensi dan masukan yang konkret ilmiah sehingga dapat digunakan untuk prngayaan ilmu teknik otomotif dan pengembangan penelitian yang relevan selanjutnya 2) bagi praktisi industri dapat digunakan sebagai salah satu referensi untuk membuat kendaraan yang lebih ramah lingkungan.