Analisis kesalahan peserta didik kelas xi dalam menyelesaikan soal cerita barisan aritmatika berdasarkan tahapan analisis newman / Alexander Habibie Mustofa
Main Author: | Mustofa, Alexander Habibie Mustofa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2022
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/200646/ |
Daftar Isi:
- nbsp Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan peserta didik kelas XI MIPA 3 MAN KOTA MALANG dalam menyelesaikan soal cerita barisan aritmatika berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 peserta didik dengan masing-masing peserta didik berkemampuan tinggi sedang dan rendah. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tulis dan kegiatan wawancara. Soal untuk tes tulis diberikan kepada seluruh peserta didik kelas XI MIPA 3 untuk melihat kesalahan-kesalahan yang terjadi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa subjek dengan tingkat kemampuan tinggi melakukan kesalahan pada tahap memahami dan transformasi tetapi pada saat kegiatan wawancara peserta tidak melakukan kesalahan untuk kelima tahapan berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman subjek dengan tingkat kemampuan sedang melakukan kesalahan pada tahap memahami tahap transformasi dan tahap penulisan jawaban akhir untuk subjek dengan tingkat kemampuan rendah melakukan kesalahan untuk kelima tahapan berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman. nbsp