Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah program linear berdasarkan tahapan polya ditinjau dari perbedaan gender / Novia Dewi Syaifutri

Main Author: Syaifutri, Novia Dewi Syaifutri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.um.ac.id/200623/
Daftar Isi:
  • Matematika selalu nbsp dinilai sebagai mata pelajaran yang sulit bagi banyak siswa. Asumsi nbsp ini dapat nbsp menyebabkan kesalahan saat mengerjakan nbsp masalah nbsp matematika terutama nbsp soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil nbsp kesalahan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah program linear yang disajikan dalam bentuk soal cerita berdasarkan tahapan Polya nbsp dengan harapan peneliti selanjutnya dapat menemukan solusinya di masa depan. Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang nbsp siswa laki-laki dan 3 orang nbsp siswa perempuan yang dipilih secara acak. Dari hasil penelitian yang diperoleh siswa laki-laki memiliki persentase kesalahan yang nbsp lebih tinggi nbsp daripada siswa perempuan. Sebagian besar kesalahan yang nbsp dilakukan oleh siswa laki-laki maupun perempuan terletak pada tahapan melaksanakan rencana nbsp karena banyak siswa yang masih belum nbsp memahami materi program linear dengan baik.