Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel pada siswa kelas x / Heny Firda Muyasaroh
Main Author: | Muyasaroh, Heny Firda Muyasaroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2022
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/200604/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran ini adalah untuk menge-tahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif group investiga-tion dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas X dengan pokok bahasan sistem persamaan linier tiga variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian penerapan mod-el pembelajaran ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pola tindakan terdiri dari planning (perencanaan) action (pelaksanaan) observing (pengamatan) serta reflecting (refleksi). Perangkat dan instrumen penelitian ini telah divalidasi oleh ahli dan valid sebelum di-pergunakan dalam penelitian ini. Kemudian diujicobakan ke siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Tuban pada materi system persamaan linier tiga variabel. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe group investigation hasil belajar siswa mengenai materi sistem persamaan linier tiga variabel kelas X mengalami peningkatan dalam rata-rata kelas sebesar 91 94 dan presentase siswa yang memperoleh skor ge 85 sebesar 88 89%.