Upaya peningkatan keterampilan proses dan motivasi belajar fisika siswa kelas II semester I SMU Muhammadiyah 3Malang pada pokok bahasan listrik dunamis melalui penerapan pembelajaran berbasis contextual teaching and leanng (CTL) model inkuiri tahun ajaran 2003/2004 oleh

Main Author: Winarsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2000
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20048/
Daftar Isi:
  • BerdasarkahnasilwawancaradenganguruFisikakelasIISMUMuhammadiya3hMalangmengernukakabnahwapelajaranbanyakdisampaikandenganmetodeceramahsedangkanmetodeeksperimentidakpemahdilakukan.Halinimengakibatkasniswabanyakyangtidaktahubentukkegunaandancarapenggunaaanlat-alaptrakikurnfisika.Selainitujugadijelaskanbahwamotivasibelajarfisikasiswarendah.Hasilobservaskielasmenunjukkanketikagunrmengajukapnertanyaankepadasiswamerekadiamdantidakmaumcnjawab.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkakneterampilanprosesdanmotivasibelajarfisikaadalahpembelajarabnerbasisContexhulleachingandLearning(CTL)modelinkuiriyangterdiridari4tahapanyairupengajuanmasalahpenstrukturanmasalahpengajuanhipotesisdaneksperimen.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapenerapanpembelajaraCnTLmodelinkuiridapatmeningkatkanketerampilanprosesdanmotivasbielajarfisikasiswakelasIIsemesteIrSMUMuhammadiyah3Malanepadapokokbahasanlistrikdinamis.Penelitiantindakankelasiniterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusterdiridarirencanatindakantindakanobservasidanrefleksi.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurketerampilanprosesadalahpedomanobservaskieterarnpilansedangkanmotivasibelajarfisikasiswadiukurdenganinsfiumenyangberupaobservasidanwawancara.HasilanalisisdanrefleksipadasiklusIdansiklusIImenunjukkanbahwaketerampilapnrosesdanmotivasibelajarfisikasiswakelasIIsemesteIrSMUMuhammadiya3hMalangmengalampieningkatanK.eterampilanprosessiswaselamapernbelajaranmengalamipeningkatansecarakeseluruhanuntukmasingmasingaspekketerampilanprosesyangdilatihkanmeliputi(l)melakukanpengamatan(2)mengemukakahnipotesis(3)melakukanpercobaan(4)menggunakaanlatpercobaan(5)mengumpulkandata(6)membuatgrafik(7)menerapkaknonsep(8)sertamenyusundanmenyampaiakalnaponur.Dalamhalmotivasibelajarfisikasiswamengalampieningkatanpadaindikator(l)mendalampielajaranfisika(2)keburuhanuntukkedasamadengankelompok(3)konsentrasilketajampaenrhatianterhadapmatapelajaranfisika(4)menghindarikesulitanpadamatapelajaranfisik4dan(5)berusahamenyelesaikatnufas.Sedangkaindikatoryangmengalampienurunanyairukebutuhanberprestasilebihbaikpadamatapelajaranfisika.HasilpenelitianinijugamenunjukkanbahwaskenariopernbelajaraynangdilengkapidenganLKSberbasisCTLmodelinkuirimampumeningkatkanketerampilanprosesdanmotivasibelajarfisikasiswakelasIIsemesteIrSMUMuhammadivah3Malane.