Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas iv sdn 11 dompu nusa tenggara barat / Nur Dwi Qomariah

Main Author: Qomariah, Nur Dwi Qomariah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.um.ac.id/200126/
ctrlnum 200126
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/200126/</relation><title>Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas iv sdn 11 dompu nusa tenggara barat / Nur Dwi Qomariah</title><creator>Qomariah, Nur Dwi Qomariah</creator><description>RINGKASAN Qomariah Nur Dwi 2021. Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Masa pandemi Covid-19 Di Kelas IV SDN 11 Dompu. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Puri Selfi Cholifah S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Problematika Guru Pelaksanaan Pembelajaran nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Problematika merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 11 Dompu di temukan bahwa terdapat kendala yang disebabkan perbedaan antara standar proses dengan praktik pembelajaran di sekolah. Pada kelas IV ditemukan kendala guru belum melakukan apersepsi penggunaan media terbatas dan kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui dan mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 11 Dompu Nusa Tenggara Barat. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini berupa guru kelas IV RPP dan lembar penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran luring Tema 1 subtema 1 di kelas IV SDN 11 Dompu Nusa Tenggara Barat. Analisis data dalam penelitian ini difokuskan pada problematika guru kelas IV dalam perencanaan pelaksanaan dan penilian. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data lapangan Model Mikes and Huberman. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengalami problematika dalam perencanaan pembelajaran berupa penyusunan tujuan pembelajaran mengintegrasikan unsur 4C (critical thinking communication collaboration dan creativity) yang berupa creativity dan critical thinking pada RPP membuat media pembelajaran dan mencantumkan instrumen penilaian secara lengkap pada RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran guru mengalami problematika berupa pengelolaan kelas penggunaan media memunculkan pendekatan saintifik menampilkan unsur-unsur 4C (critical thinking communication collaboration dan creativity) dan kesulitan menarik kesimpulan bersama siswa. Pada penilaian pembelajaran guru mengalami problematika berupa banyaknya penyusunan instrumen penilaian serta keterbatasan waktu dalam melaksanakan penilaian aspek sikap pengetahuan dan keterampilan.</description><date>2022-02-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Qomariah, Nur Dwi Qomariah (2022) Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas iv sdn 11 dompu nusa tenggara barat / Nur Dwi Qomariah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>200126</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Qomariah, Nur Dwi Qomariah
title Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas iv sdn 11 dompu nusa tenggara barat / Nur Dwi Qomariah
publishDate 2022
url http://repository.um.ac.id/200126/
contents RINGKASAN Qomariah Nur Dwi 2021. Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Masa pandemi Covid-19 Di Kelas IV SDN 11 Dompu. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Puri Selfi Cholifah S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Problematika Guru Pelaksanaan Pembelajaran nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Problematika merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 11 Dompu di temukan bahwa terdapat kendala yang disebabkan perbedaan antara standar proses dengan praktik pembelajaran di sekolah. Pada kelas IV ditemukan kendala guru belum melakukan apersepsi penggunaan media terbatas dan kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui dan mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 11 Dompu Nusa Tenggara Barat. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini berupa guru kelas IV RPP dan lembar penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran luring Tema 1 subtema 1 di kelas IV SDN 11 Dompu Nusa Tenggara Barat. Analisis data dalam penelitian ini difokuskan pada problematika guru kelas IV dalam perencanaan pelaksanaan dan penilian. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data lapangan Model Mikes and Huberman. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengalami problematika dalam perencanaan pembelajaran berupa penyusunan tujuan pembelajaran mengintegrasikan unsur 4C (critical thinking communication collaboration dan creativity) yang berupa creativity dan critical thinking pada RPP membuat media pembelajaran dan mencantumkan instrumen penilaian secara lengkap pada RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran guru mengalami problematika berupa pengelolaan kelas penggunaan media memunculkan pendekatan saintifik menampilkan unsur-unsur 4C (critical thinking communication collaboration dan creativity) dan kesulitan menarik kesimpulan bersama siswa. Pada penilaian pembelajaran guru mengalami problematika berupa banyaknya penyusunan instrumen penilaian serta keterbatasan waktu dalam melaksanakan penilaian aspek sikap pengetahuan dan keterampilan.
id IOS13003.200126
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2022-04-21T01:07:18Z
last_indexed 2022-04-21T01:07:18Z
recordtype dc
_version_ 1753004506475397120
score 17.538404