Pengembangan multimedia interaktif berbasis android materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas 5 sekolah dasar / Evangelista Ramadhanty

Main Author: Ramadhanty, Evangelista Ramadhanty
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.um.ac.id/199870/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN nbsp Ramadhanty Evangelista. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas 5 Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sukamti M.Pd. (II) Dr. M. Anas Thohir M.Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif Android Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari khususnya di Sekolah Dasar supaya siswa mampu memahami konsep dan menerapkan manfaat IPA dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dalam pembelajaran IPA memerlukan alat bantu berupa media pembelajaran supaya siswa mudah memahami materi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas 5 SD Kauman 1 Malang ditemukan permasalahan salah satunya yakni guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang mampu membuat siswa belajar secara aktif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis Android dengan nama Virtual Zoo yang valid menurut ahli media ahli materi praktis menurut guru dan menarik menurut pengguna atau siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R and D) yang diadaptasi dari prosedur pengembangan oleh Borg and Gall. Pengembangan produk ini melewati 7 tahapan antara lain (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba lapangan awal (5) revisi produk operasional (6) uji coba lapangan operasional dan (7) revisi produk akhir Hasil dari penelitian dan pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya untuk kelas 5 SD memperoleh hasil uji validasi ahli media sebesar 100% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor sebesar 77 5% yang termasuk kriteria cukup valid sehingga perlu ada revisi kecil. Hasil uji kepraktisan oleh guru kelas 5 memperoleh skor sebesar 100% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis sehingga layak dipergunakan tanpa revisi. Dan hasil uji coba untuk menguji kemenarikan produk pada skala kecil memperoleh skor sebesar 100% sedangkan pada skala besar memperoleh skor sebesar 98% yang termasuk kriteria sangat menarik. Multimedia interaktif yang dikembangkan ini diharapkan dapat memberikan manfaat maka terdapat beberapa saran antara lain media ini dapat digunakan pada saat pembelajaran daring atau sebagai suplemen pembelajaran ketika siswa belajar di rumah. Oleh karena itu disarankan kepada guru pengajar untuk memanfaatkan multimedia interaktif berbasis Android khususnya pada materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. Bagi peneliti selanjutnya jika ingin mengembangkan multimedia interktif berbasis Android dapat memuat muatan yang lain selain IPA atau materi lain selain pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya.