Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis articulate storyline pada materi reformasi gereja untuk meningatkan hasil belajar siswa kelas xi ips sman 10 malang / Hanum Ega Nurina
Main Author: | Nurina, Hanum Ega Nurina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/198910/ |
Daftar Isi:
- nbsp Abstrak Pembelajaran sejarah pada kelas XI IPS SMAN 10 Malang dilaksanakan dengan guru menyampaikan materi dengan metode ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa menjadi cepat bosan. Hal tersebut juga membuat hasil belajar siswa menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi Reformasi Gereja dan menguji keefektiftasannya dalam meningkatkan hail belajar siswa kelas XI IPS SMAN 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian pengembangan dengan 10 langkah milik Sugiyono yakni 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produksi massal yang telah dimodifikasi oleh peneliti menjadi produksi produk. Hasil validasi materi 90 6% dan validasi media 95%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan media pembelajaran valid dan dapat diujicobakan. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan skor sebesar 86 6% dan kelompok besar sebesar 84 4%. Media pembelajaran sejarah berbasis Articulate Storyline pada meteri Reformasi Gereja dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum menggunakan media diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 66 6 menjadi 80 7 setelah menggunakan media pembelajaran. nbsp nbsp nbsp