Pengaruh penggunaan media video dokumenter pesona islam masjid demak terhadap hasil belajar siswa kelas x di smk negeri 1 kepanjen tahun ajaran 2020-2021 / Firdausi Nuzulia
Main Author: | Nuzulia, Firdausi Nuzulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/198871/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan belajar mengajar di kelas seharusnya memiliki dampak yang baik bagi siswa seperti meningkatnya pengertian dan pemahaman materi belajar. Tugas guru menjadi penting untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Dalam Kurikulum 13 guru bertindak sebagai fasilitator dan mediator agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Jika proses belajar mengajar berjalan dengan lancar maka akan berbanding lurus dengan hasil belajar siswa pula. Namun nyatanya permasalahan yang terjadi dalam kelas Sejarah Indonesia guru bertindak sebagai sumber belajar. Hal tersebut membuat siswa merasa mudah bosan dan mengantuk. Over Head Proyektor yang tersedia di tiap kelas fungsinya kurang dimaksimalkan. Pesan atau isi dari materi Sejarah kurang dapat dipahami oleh siswa dikarenakan masih berbentuk abstrak. Peneliti merasa dengan menggunakan media video dokumenter dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu tersebut. Maka dari itu peneliti merasa dengan mengambil judul pengaruh penggunaan media video dokumenter pesona islam masjid Demak terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kepanjen diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan diatas. Penelitian kuantitatif digunakan ke dalam penelitian ini dengan jenis penelitian True experimental. Populasi yang digunakan ialah seluruh kelas X RPL di SMKN 1 Kepanjen. Sampel penelitiannya ialah kelas X RPL 3 sebagai kelas kontrol dan X RPL1 sebagai kelas eksperimen. Setiap kelas yang digunakan berjumlah sama yakni 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah uji validitas uji reliabilitas uji homogenitas uji normalitas dan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana memakai bantuan SPSS 21 diketahui bahwa tingkat siginifikansinya sebesar 0 025 lt 0 05. Maka dapat dipakai untuk memprediksi variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. nbsp