Pengaruh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dan perhatian orang tua terhadap minat belajar / Isna Wasi'atin

Main Author: Wasi'atin, Isna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/198168/
Daftar Isi:
  • Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan perubahan diberbagai sektor kehidupan masyarakat termasuk sektor pendidikan. Di Indonesia pendidikan di berbagai jenjang telah mengganti pembelajaran tatap muka secara langsung dengan pembelajaran secara jarak jauh. Perubahan proses pembelajaran menjadi jarak jauh secara mendadak tanpa pengalaman yang memadai mengakibatkan para guru siswa maupun adminitrator tidak ada persiapan yang cukup. Sehingga sarana dan metode pengajaran terbatas mengakibatkan siswa cenderung kurang serius dan tidak tertarik. Dalam mengembangkan ketertarikan atau minat belajar siswa tidak lepas dari peran orang tua ketika anak belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data primer penelitian ini diperoleh dari angket. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Blitar dan SMK Negeri 1 Nglegok sejumlah 3.588 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sejumlah 360 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat belajar dan perhatian orang tua berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat belajar. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain seperti media pembelajaran strategi belajar peran guru peran teman sebaya dengan tujuan memperluas cakupan penelitian.