Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan app builder appy pie pada mata pelajaran penataan produk untuk meningkatkan respon dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XI jurusan BDP SMK PGRI 2 Malang) / Gita Maghfirhotul Aprilia
Main Author: | Aprilia, Gita Maghfirhotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/198134/ |
Daftar Isi:
- Pandemi Covid-19 mengharuskan semua aktivitas dilakukan pembatasan secara berkala karena virus covid-19 dapat menular pada saat seseorang yang sedang berkerumun. Salah satunya pada Bidang Pendidikan saat ini sekolah dilakukan secara jarak jauh (daring) dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang pesat. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Penataan Produk untuk kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon dan hasil belajar peserta didik dalam implementasi aplikasi yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan prosedur sebagai berikut analisa kebutuhan perencanaan pengembangan produk awal tahap validasi dan uji coba produk tahap revisi produk atau penyempurnaan hasil akhir produk. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor persentase dari validator ahli dan respon pengguna dan data kualitatif berupa tanggapan validator ahli dan pengguna. Media yang dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Penataan Produk. Hasil validasi kelayakan ahli materi diperoleh skor 90 6% (sangat valid) validasi ahli media adalah 97 1% (sangat valid) dan respon pengguna yang melibatkan peserta didik kelas XI BDP di SMK PGRI 2 Malang adalah sebesar 88% (sangat valid). Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menyadari bahwa masih ada kekurangan di dalamnya sehingga ada beberapa saran yaitu 1) Saran pemanfaatan bagi guru adalah agar implementasi media pembelajaran ini didampingi dengan sumber belajar lain yaitu modul pembelajaran yang digunakan oleh XI BDP agar memperluas pengetahuan peserta didik sedangkan untuk peserta adalah agar mempraktikan segala informasi sehingga mempertajam pengetahuan dan psikomotor peserta didik. 2) Saran diseminasi pada penelitian dan pengembangan ini adalah agar dapat dioptimalkan penyebarluasannya sehingga tidak hanya digunakan oleh peserta didik kelas XI BDP SMK PGRI 2 Malang namun juga digunakan oleh sekolah menengah kejuruan yang terdapat jurusan BDP. 3) Saran pengembangan produk untuk peneliti/pengembang selanjutnya adalah Learn.PP hanya dapat di akses menggunakan sistem android diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan agar dapat diakses dengan sistem iOS. Selain itu aplikasi ini hanya berfokus pada beberapa kompetensi dasar dan sehingga diharapkan peneliti selanjutnya mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Penataan Produk dengan cakupan kompetensi dasar yang lebih luas. agar mampu menambahkan kompetensi dasar lain yang belum ada pada media pembelajaran dengan latihan yang lebih variatif.