Penerapan model guided discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi SMAN 5 Malang pada materi barisan dan deret / Nur Indah Larasati
Main Author: | Larasati, Nur Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/197973/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model guided discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan model guided discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi barisan dan deret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu 36 siswa kelas XI-D4 SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model guided discovery learning. Tahapan model guided discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi barisan dan deret terdiri dari tahap orientasi masalah eksplorasi analisis data kesimpulan dan latihan. nbsp