Pengaruh metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) plus terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri Cendono / Af'idatus Shabrina
Main Author: | Shabrina, Af'idatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/197579/ |
Daftar Isi:
- Tunagrahita adalah anak yang memiliki IQ 50-70 yang mempunyai kemampuan terbatas dalam bidang intelektual. Kesulitan membaca adalah salah satu kesulitan tunagrahita ringan. Tetapi dapat dilatih melalui tugas-tugas ringan dan metode khusus sesuai kemampuan anak Membaca permulaan adalah tahap awal dari sebuah kegiatan belajar. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Metode SAS dipilih untuk mengakomodasikan kebutuhan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Metode SAS ini divariasikan menjadi metode SAS Plus yaitu metode SAS dengan metode story telling menggunakan gambar seri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan sebelum mendapat treatment metode SAS Plus (2) Kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita setelah mendapat treatment metode SAS Plus (3) Pengaruh metode SAS Plus terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas IV SLB Negeri Cendono.