Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan membaca pemahaman dalam literasi membaca siswa Kelas IX SMP Sriwedari Malang / Ovi Septiane

Main Author: Septiane, Ovi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/196888/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran Flipped Classroom adalah proses pembelajaran dimana peserta didik mempelajari materi pembelajaran melalui sebuah video pembelajaran terlebih dahulu sebelum kelas dimulai kemudian kegiatan di kelas diisi dengan diskusi bersama teman sekelas terkait materi yang belum dipahami. Pemilihan model pembelajaran Flipped Classroom merupakan salah satu hal yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam literasi membaca siswa kelas IX mata pelajaran Bahasa Indonesia materi buku fiksi dan nonfiksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan membaca pemahaman dalam literasi membaca siswa. Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Sriwedari Malang tahun ajaran 2020/2021 kelas eksperimen diambil dari nomor absen 1 sampai 10 sedangkan untuk kelas kontrol diambil dari nomor 11 sampai 20. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest kelas eksperimen sebesar 54 5 dan kelas kontrol sebesar 56 5. Setelah diberi perlakuan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 76 dan kelas kontrol sebesar 73. Hasil uji Independent Samples T Test nilai signifikansinya yaitu sebesar 0 449 gt 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman dalam literasi membaca siswa kelas IX SMP Sriwedari Malang.