Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 13 Surabaya) / Shandhika Widyastuti
Main Author: | Widyastuti, Shandhika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/196865/ |
Daftar Isi:
- Shandhika Widyastuti. 2021. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMAN 13 Surabaya). Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Aplikasi Pembelajaran Articulate Storyline Hasil Belajar nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia tidak terkecuali aspek pendidikan. Pemerintah menetapkan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. Pada hasil wawancara yang dilakukan dengan guru sejarah kelas 11 di SMAN 13 Surabaya salah satu kendala yang terjadi selama pembelajaran daring dilakukan adalah menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dikarenakan pemahaman siswa yang kurang maksimal terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi pembelajaran berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Produk diimplementasikan kepada 30 siswa kelas XI SMA Negeri 13 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model penelitian Lee amp Owen. Model penelitian ini terdiri atas lima tahap yakni Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Aplikasi pembelajaran sejarah dimanfaatkan sebagai suplemen untuk memperdalam pemahaman siswa terkait materi pembelajaran yang telah diterima siswa dari pembelajaran dalam kelas. Hasil dari validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran sejarah valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba lapangan aplikasi pembelajaran sejarah memperoleh penilaian yang positif dan dinilai layak digunakan oleh siswa. Peningkatan yang terjadi pada hasil post test menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran sejarah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.