Motivasi belajar siswa ma maâ€TMarif udanawu dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 / Seni Septi Wulandari

Main Author: Wulandari, Seni Septi Wulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/196571/
Daftar Isi:
  • Perubahan yang signifikan akibat perubahan metode tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan/online) sebagai menyelesaikan masalah pembelajaran di masa pandemi COVID-19 memunculkan permasalahan baru. Permasalahan yang muncul adalah motivasi belajar siswa yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam motivasi belajar siswa MA Ma rsquo arif Udanawu dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kualitatif wawancara semi-struktur dan observasi berdasarkan teori motivasi Maslow (1994). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis fenomenologi. Metode validasi yang digunakan adalah validitas interpretif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Lima kebutuhan yang muncul adalah motivasi untuk memenuhi Physiological needs (kebutuhan fisiologis) Safety and security needs (kebutuhan keselamatan dan keamanan) Love and belonging needs (kebutuhan cinta dan kasih sayang) atau Affiliation or Acceptance Needs (kebutuhan sosial) Esteem or status needs (kebutuhan akan penghargaan) dan Self Actualization (aktualisasi diri).