Pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja pemasaran (studi pada pengelola usaha kafe di kota malang)/ Lina Widya Sundari

Main Author: Sundari, Lina Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/195983/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Widya Sundari Lina. 2020. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Pemasaran Studi Pada Pengelola Kafe di Kota Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suwarni M.Si. nbsp Kata Kunci Orientasi Pasar Keunggulan Bersaing dan Keunggulan Bersaing. nbsp Pada umumnya kegiatan dalam pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan usaha terutama dalam menghadapi persaingan mempertahankan keunggulan dan mengembangkan usaha untuk senantiasa memperoleh laba. Berbagai cara dan strategi dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk dapat mencapai keunggulan dan untuk mempertahankan usahanya salah satu contoh adalah usaha bisnis kafe yang berada di Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kondisi orientasi pasar keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran (2) Pengaruh langsung orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing (3) Pengaruh langsung orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (4) Pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja pemasaran studi pada pengelola kafe di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengelola kafe yang berada di Kota Malang. Penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 106 responden yang sebelumnya telah dihitung dengan rumus finite population. Skala yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala likert dengan 5 pilihan yang akan dijawab oleh responden yakni sangat tidak setuju tidak setuju cukup setuju setuju dan sangat setuju. Kemudian uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kondisi orientasi pasar pada kafe sangat baik keunggulan bersaing pada kafe baik dan kinerja pemasaran pada kafe sangat baik (2) Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing (3) Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran (4) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja pemasaran.