Perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diajar dengan metode praktikum dan siswa yang diajar dengan metode demonstrasi pokok bahasan energi di SLTP Negeri 1 Malang oleh Norhayah Kamali

Main Author: Norhayah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/19582/
Daftar Isi:
  • TariWarahangganaadalahtariyangmembawakantaridengangerakyangmemilikinilai-nilaietisdanartistikyangbersifatluhur.Simbolismegerakyangterekspresikanmemilikinilaiyangyangbersifatdinamispenuhenergiyangmampumengikatemosisosial.TariWarahangganakonondiperankanolehpenariputriyangsuci.TariWarahangganainidilakukandalamkegiatanekstrakurikulerdiSMPN4Blitaryangdilaksanakanpadasorehari.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengelolaankegiatanpembelajaranekstrakurikulerTariWarahangganadiSMPN4Blitar.SelainituuntukmendeskripsikanpengelolaanpembelajaranyangdigunakandalampelaksanaanpembelajaranekstrakurikulerTariWarahangganadiSMPN4Biltar.UntukmendeskripsikanbentukevaluasidaripelaksanaanpembelajaranekstrakurikulerTariWarahangganadiSMPN4BlitardanUntukmendeskripsikanpenghambatdanpendukungyangdihadapidalampelaksanaanpembelajaranekstrakurikulerTariWarahangganadiSMPN4BlitarUntukmendeskripsikankendala-kendaladanpendukungyangdihadapidalampelaksanaanpembelajaranekstrakurikulerTariWarahangganadiSMPN4Blitar.KegiatanTariWarahangganacukupdiminatisiswa-siswidiSMPN4Blitar.Haliniterlihatpadabanyaknyasiswayangterlibatdalamkegiatanekstrakurikulerini.PenelitianinidilakukandiSMPN4Blitartanggal17Maretsampai1Mei2010.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifuntukmemperolehinformasideskriptif(penggambaranapaadanya).Analisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisiskualitatifyaitukegiatanreduksipenyajiandanpenarikankesimpulanatauverifikasi.DarihasilpenelitianinimenunjukanbahwapengelolaankegiatanekstrakurikulerseniTariWarahangganadiSMPN4Blitardenganmengaturprogrampembelajarandanmengkordinasikanpelaksanaankegiatantari.MerencanakankebutuhansaranaprasaranauntukmenunjangprosespembelajaranTariWarahangganamengelolahperawatanperbaikanmengaturpembukuandanpelaporan.Selainitumengendalikanperkembangankemampuansiswadalampembelajarantariyangditunjangdenganalatperagadalambentuksampurdanditunjangtaperecorderyangdilakukandiruangpraktikserbaguna.DalampengelolaanPembelajaranTariWarahangganagurumengawalidenganmenyusunrencanakegiatanyangdijadikanpeganganbagigurutaridalammelaksanakanpembelajaran.Mencantumkanmateripembelajaranyangdigunakanuntukmencapaitujuanpembelajarandenganditunjangmetodepembelajaranyangdisesuaikan.Sedangkanlangkah-langkahkegiatansetiappertemuandenganmencantumkansumberbelajardalammengajarkanmaterisenitaritidakhanyamenggunakansatumetodesajatetapimengkombinasikanbeberapametodeyangtepatdansesuaidenganmateripelajaran.BentukevaluasidaripelaksanaanpembelajaranTariWarahangganadiSMPN4Blitaradalahdilakukandariproseskegiatanselamaberlangsungdanmelaluiabsensisiswa.Penilaiankegiatanyangdinilaiadalahkemampuanmendemonstrasikanpembelajarantaridandayakreasisiswasehinggabisadiketahuiaspekapasajayangperludikembangkandandiperbaiki.Olehkarenaitubentukevaluasiyangseringdigunakanadalahevaluasiproses.Kendala-KendaladanPendukungyangdihadapidalamPelaksanaanPembelajaranTariWarahangganadiSMPN4Blitaradalahketikagurumenyampaikanmateritapisiswabelumbisamenangkapapayangdiajarkankarenaterhambatdalamkondisiruanganyangramai.SedangkanfaktorpendukungnyaadalahminatsiswanyasangattinggidalammengikutiekstrakurikulerseniTariWarahanggana.SelainitupesertadidikdiSMPN4Blitarkhususnyayangmengikutikegiatantaribanyakkemajuankhususnyasemangatbelajarkarenadenganmengikutipementasansiswadapatmeningkatkankemampuandandapatmengembangkanpotensinya