Pengaruh penggunaan peta konsep dalam pembelajaran fisika terhadap prestasi belajar pokok bahasan energi dan daya listrik siswa kelas III MTsN Amuntasi oleh Ulifah Asri

Main Author: Ulifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/19580/
Daftar Isi:
  • Penggunaapnet4konsepsebagamiediapembelajarandiMTsNAmuntaitidakpemahditerapkanP.etakonsepsebagamiediapembelajarafnisikayangmemperlihatkahnubunganantarabeberapakonsepdapatmemberikanpengaruhterhadaprestasbielajarfisika.untukmengetahupiengaruhpenggunaapnetakonsepterhadaprestasbielajarfisikadilakukandenganmenilaiprestasbielajarsiswasetelahsiswadiberipengajarandenganpetakonsep.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuaipakahprestasbielajarfisikasiswayangdiajarmenggunakapnetakonseplebihbaikdaripadaprestasbielajarfisikasiswayangdiajartidakmenggunakapnetakonsepH.ipotesisdalampenelitianiniadalahprestasbielajarfisikasiswayangdiajarmenggunakapnetakonseplebihbaikdaripadaprestasbielajarfisikasiswayangdiajartidakmenggunakapneiakonsep.PenelitianinidilaksanakapnadacawuItahunpelajaran2000/2001diMTsNAmuntaimulaiSeptembesrampaOilitober2000.Populaspienelitianiniadalahsiswakelas3yangterbagdialamlimakelassedangkasnampelnydaiambilduakelassecaradiacak.untukmengumpulkandatapenelitiandigunakaninstrumenpretesdanpostesyangdibuatsama.InstrumentersebutsebelumnyatelahdiujicobakanuntukmengetahuvialiditasreliabilitastarafkesukarandandayabedainstrumenA.nalisisdatayangdigunakanyaituujinormalitasujihomogenitadsanujikesamaanruta-ratakemampuanawal.DariujichikuadratdidapatbahwadatanilaikemampuanawaldandatanilaiprestasbielEardarikeduakelompokterdistribusniormal.HasilujiBarlettantarakedukaelompokuntukdatanilaikemampuanawaldandatanilaiprestasibelajardidapatkanbahwavariansdatanyahomogen.Dalampengujiahnipotesidsigunakaunji-t.Hasiluji-tdidapatkantnt257trr200.Sehinggadapatdisimpulkanbahwahipotesisditerima