Hubungan antara tingkat kepercayaan diri dan penerimaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMK Negeri se-Kota Pamekasan / Maulidir Rasuly

Main Author: Rasuly, Maulidir
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/1958/
Daftar Isi:
  • KataKuncikepercayaandiripenerimaandirikomunikasiinterpersonalPerasaanrendahdiriyangdirasakanolehsiswadapatmengakibatkanpercayadirinyakurangsehinggasecaratidaklangsungjugaakanberpengaruhdalammelakukankomunikasi.SeharusnyasiswaSMKNegeridiKotaPamekasanmemilikiketerampilankomunikasiinterpersonalyangmemudahkanmerekadalambersosialisasi.Namuntidaksemuasiswamemilikiketerampilankomunikasiyangmemadaisehinggamengalamikesulitandalammengungkapkanperasaangagasanataupikirannyakepadatemanataugurubaikketikaprosesbelajarmengajardikelasmaupundalamkegiatan-kegiatandiluarkelas.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)deskripsikepercayaandiri(2)deskripsipenerimaandiri(3)deskripsiketerampilankomunikasiinterpersonalsiswaSMKNegerise-Kotapamekasan(4)hubungansecaraparsialantarakepercayaandiridanpenerimaandiridenganketerampilankomunikasiinterpersonalSMKNegerise-Kotapamekasan(5)hubungansecarasimultanantarakepercayaandiridanpenerimaandiridenganketerampilankomunikasiinterpersonalSMKNegerise-Kotapamekasandan(6)sumbanganefektifkepercayaandiridanpenerimanandiriterhadapketerampilankomunikasiinterpersonal.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkoresional.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXISMKNegerise-KotaPamekasansebanyak877.Sampelpenelitiansebanyak88siswaditentukandenganteknikproporsionalrandomsampling.Instrumenyangdigunakanyaituskalakepercayaandiriskalapenerimaandiridanskalaketerampilankomunikasiinterpersonaldenganjawabanberskala.Teknikanalisisyangdigunakananalisisstatistikdeskriptifinfrensial.Teknikanalisisdatainferensialpenelitiandimaksudkanuntukmengetahuiapakahvariabelbebasdanvariabelterikatmempunyaihubungankausalataukorelasiadalahanalisisregresilinierberganda.Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa(1)cukupbanyaksiswayangmemilikitingkatkepercayaandiritinggi(2)cukupbanyaksiswayangmemilikitingkatpenerimaandirisedang(3)cukupbanyaksiswayangmemilikitingkatketerampilankomunikasiinterpersonalsedang(4)adahubunganyangsignifikansecaraparsialantaratingkatkepercayaandiridanpenerimaandiridenganketerampilankomunikasiinterpersonal(5)adahubunganyangsignifikansecarasimultanantaratingkatkepercayaandiridanpenerimaandiridenganketerampilankomunikasiinterpersonal(6)penerimaandirimemberikansumbanganefektifpalingdominanterhadapketerampilankomunikasiinterpersonal(435328%).Berdasarkankesimpulandiatasmaka(1)disarankankepadakonseloragarmemberikanlayananbimbinganpribadidansosialyangberkaitandengankepercayaandiripenerimaandiridanketerampilankomunikasiinterpersonal(2)disampingsebagaipendidikdiharapkanjugabisamemberikanmotivasi-motivasiagarrasapercayadiriygsiswayangtinggitetapterjagadanuntukpenerimaandirisiswayangmasihsedangagarlebihditingkatkanlagisehinggasiswadapatmelakukankomunikasidenganbaikdalamkelasmaupundiluarkelasdalamlingkungansekolahmaupundiluarsekolah(3)disarankankepadapenelitiselanjutnyaagarmengadakanpenelitianpadasubyekyanglebihluaslagisehinggadapatmelengkapipenelitiansebelumnyayangjugamengetengahkanmasalahkepercayaandiripenerimaandiridanketerampilankomunikasiinterpersonalsiswa.