Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share ( TPS ) untuk meningkatkan kemampuan afektif dan kemampuan kognitif fisika siswa kelas VIII C SMP Taman Dewasa Malang / Fitrin Adriani
Main Author: | Fitrin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/19500/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAndriadiFitrin.2010.ImplementasiPembelajaranKooperatifModelTPS(ThinkPairShare)UntukMeningkatkanKemampuanAfektifdanKemampuanKognitifFisikaSiswaKelasVIIICSMPTamanDewasaMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Sumarjono(II)Drs.EdiSuprianaM.SiKataKunciKemampuanAfektifKemampuanKognitifModelThinkPairShareBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradiSMPTamanDewasaMalangditemukandalampembelajaranfisikasiswamasihterlihatkurangaktifdancenderungbersikapacuhterhadappelajaranfisika.Berdasarkanketeranganguruyangbersangkutanminatsiswaterhadapmatapelajaranfisikatidakterlalubanyakjikadipersentasehanyasekitar60%darikeseluruhanjumlahsiswakelasVIIIC.Nampakpulaadanyasiswayangbersifattertutupdanmalubertanyakepadagurumengenaimateripelajaranyangbelumdimengerti.Halitumengakibatkansiswamerasakesulitandalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.KesulitandalammemahamimaterimenyebabkanrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIICSMPTamanDewasaMalang.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiketerlaksanaanimplementasimodelThinkPairShareagardapatmeningkatkankemampuanafektifdankemampuankognitif.JenispenelitianiniadalahtermasukPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidenganduasiklusmasing-masingsiklusdenganduakalipertemuan.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIICSMPTamanDewasaMalangdenganjumlahsiswa38siswa.Instrumendalampenelitianberupatesevaluasiuntukmengetahuikemampuankognitifdanlembarobservasiuntukmengetahuikemampuanafektifsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwaimplementasimodelThinkPairSharedapatmeningkatkankemampuanafektifsiswadalampembelajaranfisikasiswakelasVIIICSMPTamanDewasaMalang.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanafektiftahapthinkpadasiklusI5951%dansiklusII6580%tahappairpadasiklusI5545%dansiklusII6285%tahapsharepadasiklusI6404%dansiklusII7365%.SedangkankemampuankognitifjugamengalamipeningkatandarisiklusIsampaisiklusII.PadasiklusInilairata-ratasebesar58.97denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak18siswa(46.20%)danpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar86.66denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak38siswa(97.40%).BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwakemampuanafektifdankemampuankognitifsiswakelasVIIICSMPTamanaDewasaMalangmengalamipeningkatanmelaluiimplementasimodelThinkPairShare.