Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share ( TPS ) untuk meningkatkan kemampuan afektif dan kemampuan kognitif fisika siswa kelas VIII C SMP Taman Dewasa Malang / Fitrin Adriani

Main Author: Fitrin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/19500/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAndriadiFitrin.2010.ImplementasiPembelajaranKooperatifModelTPS(ThinkPairShare)UntukMeningkatkanKemampuanAfektifdanKemampuanKognitifFisikaSiswaKelasVIIICSMPTamanDewasaMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Sumarjono(II)Drs.EdiSuprianaM.SiKataKunciKemampuanAfektifKemampuanKognitifModelThinkPairShareBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradiSMPTamanDewasaMalangditemukandalampembelajaranfisikasiswamasihterlihatkurangaktifdancenderungbersikapacuhterhadappelajaranfisika.Berdasarkanketeranganguruyangbersangkutanminatsiswaterhadapmatapelajaranfisikatidakterlalubanyakjikadipersentasehanyasekitar60%darikeseluruhanjumlahsiswakelasVIIIC.Nampakpulaadanyasiswayangbersifattertutupdanmalubertanyakepadagurumengenaimateripelajaranyangbelumdimengerti.Halitumengakibatkansiswamerasakesulitandalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.KesulitandalammemahamimaterimenyebabkanrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIICSMPTamanDewasaMalang.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiketerlaksanaanimplementasimodelThinkPairShareagardapatmeningkatkankemampuanafektifdankemampuankognitif.JenispenelitianiniadalahtermasukPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidenganduasiklusmasing-masingsiklusdenganduakalipertemuan.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIICSMPTamanDewasaMalangdenganjumlahsiswa38siswa.Instrumendalampenelitianberupatesevaluasiuntukmengetahuikemampuankognitifdanlembarobservasiuntukmengetahuikemampuanafektifsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwaimplementasimodelThinkPairSharedapatmeningkatkankemampuanafektifsiswadalampembelajaranfisikasiswakelasVIIICSMPTamanDewasaMalang.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanafektiftahapthinkpadasiklusI5951%dansiklusII6580%tahappairpadasiklusI5545%dansiklusII6285%tahapsharepadasiklusI6404%dansiklusII7365%.SedangkankemampuankognitifjugamengalamipeningkatandarisiklusIsampaisiklusII.PadasiklusInilairata-ratasebesar58.97denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak18siswa(46.20%)danpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar86.66denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak38siswa(97.40%).BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwakemampuanafektifdankemampuankognitifsiswakelasVIIICSMPTamanaDewasaMalangmengalamipeningkatanmelaluiimplementasimodelThinkPairShare.