Pengaruh pembelajaran kooperatif model TGT-problem posing terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika kelas X SMA Negeri 2 Malang / Lilik Pujiati

Main Author: Lilik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/19491/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPujiatiLilik.2009.PengaruhPembelajaranKooperatifModelTGT-ProblemPosingTerhadapMotivasidanPrestasiBelajarSiswaPadaPelajaranFisikaKelasXSMANegeri2Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DwiharyotoM.Pd(II)Drs.Mudjihartono.KataKunciPembelajaranKooperatifModelTGT-ProblemPosingMotivasiBelajarPrestasiBelajarMetodepembelajaranfisikayangdigunakandiSMANegeri2Malangmasihkurangbervariasi.Gurukebanyakanmasihmenggunakanmetodeceramahdalampembelajaranfisika.Darihasilobservasidiketahuiprestasidanmotivasibelajarfisikasiswamasihrendah.UntukitudalampenelitianinipembelajaranfisikadilakukandenganmenggunakanPembelajaranKooperatifModelTGTProblemPosing.Pembelajaraninimerupakansuatumodelpembelajaranyangmenekankanpadaaspeksosialdimanasiswabelajardalamkelompok-kelompokkecildansalingmembantusatusamalaindenganlangkah-langkahpembelajaranyakniPresentasiKelasKerjaKelompok(Problem-Posing)PermainanTurnamendanPenghargaanKelompok.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahprestasibelajardanmotivasibelajarsiswadenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTGT-ProblemPosinglebihbaikdariprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganpembelajarankonvensional.Metodepenelitianyangdigunakanadalahjenisrancanganpenelitiansemieksperimen(quasiexperiment)denganmodelPretest-PostestNonequivalentKontrolGroupDesign.Teknikpengumpulandatadilakukanmelaluitesprestasidanmotivasibelajarfisika.Instrumenyangdigunakanberupaangketmotivasisoalpretestdanposttest.Pengambilansampelmenggunakanteknikpurposivesamplingyaitupengambilansampelbesrdasarkankriteriayangtelahditentukan.SampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswaKelasX-1danKelasX-3SMANegeri2Malangsemestergasaltahunpelajaran2009/2010.Hasilpenelitianinidiperolehdatabahwarata-rataskorprestasidanskormotivasisecaraberturut-turutuntukKelasEksperimen67.03dan53.87sedangkanuntukKelasKontrolsebesar60.41dan49.41.Berdasarkanrata-rataskorprestasidanmotivasidiatasdisimpulkanbahwaprestasibelajardanmotivasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanpembelajaranKooperatifModelTGT-ProblemPosinglebihbaikdibandingkandengansiswayangbelajardenganpembelajarankonvensional.SaranyangdapatdisampaikanuntukmeningkatkanefektivitasbelajarbagisiswadalammenerapkanmodelpembelajaraniniadalahdisarankangurufisikadapatmenerapkansekaligusdapatmengembangkanpembelajarankooperatifmodelTGT-ProblemPosingdenganlebihbaiksehinggasiswaakanterbiasamembuatpertanyaandanmemecahkansendiripertanyaanyangtelahdibuatnyasekaliguspengadaanturnamenyangdapatmemberikanantusiassiswauntukbelajaryangmengarahbagipencapaianprestasidanmotivasibelajaryanglebihbaik.