Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitad dan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA 2 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada matapelajaran fisika / Titi Rahmatiah

Main Author: Titi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/19483/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasidiSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangditemukandalampembelajaranfisikasiswamasihterlihatkurangaktifdancenderungbersikapindividualsehinggakerjasamaantarsiswamasihkurang.Nampakpulaadanyasiswayangbersifattertutupdanmalubertanyakepadagurumengenaimateripelajaranyangbelumdimengerti.Halitumengakibatkansiswamerasakesulitandalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.KesulitandalammemahamimaterimenyebabkanrendahnyaprestasibelajarsiswaSMALaboratoriumUM.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanaktivitasbelajardanprestasibelajarmelaluipenerapanmodelpembelajaranTPS.JenispenelitianiniadalahtermasukPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidenganduasiklusmasing-masingsiklusdenganduakalipertemuan.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangdenganjumlahsiswaperempuan20danjumlahsiswalaki-laki6orang.Instrumendalampenelitianberupatesevaluasiuntukmengetahuiprestasibelajardanlembarobservasiuntukmengetahuiaktivitasbelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranTPSdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasXIIPA2SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.PadasiklusIpersentaseaktivitasbelajarsiswa4981%.PadasiklusIIpersentaseaktivitasbelajarsiswameningkatmenjadi7153%.PenerapanmodelpembelajaranTPSdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasXI-IPA2SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.PadasiklusIpersentaseprestasibelajarsiswaadalah4615%.PadasiklusIIpersentaseprestasibelajarmengalamipeningkatanyaitumenjadi8076%.