Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitad dan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA 2 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada matapelajaran fisika / Titi Rahmatiah
Main Author: | Titi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/19483/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasidiSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangditemukandalampembelajaranfisikasiswamasihterlihatkurangaktifdancenderungbersikapindividualsehinggakerjasamaantarsiswamasihkurang.Nampakpulaadanyasiswayangbersifattertutupdanmalubertanyakepadagurumengenaimateripelajaranyangbelumdimengerti.Halitumengakibatkansiswamerasakesulitandalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.KesulitandalammemahamimaterimenyebabkanrendahnyaprestasibelajarsiswaSMALaboratoriumUM.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanaktivitasbelajardanprestasibelajarmelaluipenerapanmodelpembelajaranTPS.JenispenelitianiniadalahtermasukPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidenganduasiklusmasing-masingsiklusdenganduakalipertemuan.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangdenganjumlahsiswaperempuan20danjumlahsiswalaki-laki6orang.Instrumendalampenelitianberupatesevaluasiuntukmengetahuiprestasibelajardanlembarobservasiuntukmengetahuiaktivitasbelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranTPSdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasXIIPA2SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.PadasiklusIpersentaseaktivitasbelajarsiswa4981%.PadasiklusIIpersentaseaktivitasbelajarsiswameningkatmenjadi7153%.PenerapanmodelpembelajaranTPSdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasXI-IPA2SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.PadasiklusIpersentaseprestasibelajarsiswaadalah4615%.PadasiklusIIpersentaseprestasibelajarmengalamipeningkatanyaitumenjadi8076%.