Pengembangan modul digital flipbook pada pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas X TITL di SMKN 6 Malang / Nia Arlika
Main Author: | Arlika, Nia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/194793/ |
Daftar Isi:
- Dunia pendidikan pada era digital abad 21 dipengaruhi oleh adanya perkembangan iptek yang maju sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan teknologi digital pada proses pembelajaran di negara-negara maju. Perkembangan iptek tentu mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia yang mengharuskan siswa maupun guru dapat menggunakan atau mengoperasikan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajarannya. Terlebih lagi di era pandemi Covid-19 semua aktifitas harus dilaksanakan secara virtual. Sama halnya dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah yaitu secara daring guna mencegah bertambahnya korban Covid-19 semakin pesat. Oleh karena itu dibuatlah media pembelajaran digital berupa modul digital menggunakan software flipbook pada pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kelas X TITL sebagai media penunjang materi pembelajaran. Modul digital pekerjaan dasar elektromekanik mencakup pendahuluan isi materi dan soal evaluasi dengan format teks dan gambar sebagai penunjangnya. Dicantumkannya soal evaluasi sebagai evaluasi hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Tampilan flipbook dapat menyesuaikan dengan layar perangkat keras yang sedang digunakan. Cara mengakses modul digital flipbook ini dapat secara online atau offline tetapi lebih disarankan nbsp secara online karena pembelajaran juga dilaksanakan secara daring. Tujuan pengembangan modul ini adalah merancang mengembangkan mengetahui kelayakan serta mengimplementasikan pemanfaatan Modul digital flipbook pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik serta untuk mengobservasi peningkatan hasil belajar siswa kelas X TITL di SMKN 6 Malang. Model pengembangan ini menggunakan pengembangan Sadiman yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir masalah (4) perumusan pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) tes uji coba (7) revisi (8) produksi. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Berdasarkan penelitian dan analisa data yang telah dilakukan didapatkan hasil validasi dari 2 ahli masing-masing sebesar 97 22% dan 95 37% yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Dari data uji coba kelompok kecil terhadap 15 siswa didapatkan hasil 92% yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Begitu pula dari uji coba kelompok besar terhadap 35 siswa didapatkan hasil sebesar 89 14% yang artinya produk sangat layak digunakan. Dari hasil analisia tersebut dapat disimpulkan bahwa modul digital ini sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang dalam pembelajaran. Selain itu dari hasil analisis setelah media ini diterapkan memberi efek pada peningkatan hasil belajar siswa. Siswa mampu lulus dengan nilai di atas dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan.