Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Singosari / Bahrul Arif

Main Author: Bahrul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/19478/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanobservasiawaldanwawancaradengangurufisikaSMPNegeri1Singosarididapatkanbahwanilairata-rataaspekkognitifsiswapadakelasVIIDmasihrendahyaitu62.Prosespembelajaranyangbiasadilaksanakanmenggunakanmodelceramahyaitupenyampaianmaterisecarautuhkepadasiswadandiselingidenganlatihan-latihansoalpembelajaransepertiinimenyebabkansiswacenderungpasifdanpembelajarankurangberartibagisiswa.Siswakurangmemperolehpengalamanlangsungdangurukurangmemberikankesempatansertakepercayaanterhadapdirisiswauntukaktifdalampembelajaran.Halinijugaberdampakpadarendahnyaaspekafektifsiswa.Berdasarkanpermasalahaninipenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS).Tujuandaripenelitianiniadalah1)melaksanakanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)2)meningkatkanaspekkognitifsiswadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)3)meningkatkanaspekafektifsiswadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasdenganmemberikantindakanberupapembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)yangterdiridari3siklus.SebagaisubjekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIIDSMPNegeri1Singosariberjumlah36siswa.Alatpengumpuldatayangdigunakandalampenelitianiniadalahtesaspekkognitiffisikaberupaulanganharianakhirsiklusdanlembarobservasiaspekafektifpadasaatprosespembelajaran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswakelasVIIDSMPNegeri1Singosarimengalamipeningkatanaspekkognitifdanaspekafektifsetelahdiberitindakanberupapenerapanpembelajarankooperatifdenganmenggunakanmodeltwostaytwostray(TSTS).Peningkatanaspekkognitifditandaidenganmeningkatnyanilairata-ratasiswadarisebelumtindakan62meningkatpadasiklusImenjadi72meningkatpadasiklusIImenjadi80danmeningkatpadasiklusIIImenjadi88.Peningkatannilairata-rataaspekafektifdarisiklusIsebesar76meningkatmenjadi83padasiklusIIdanmeningkatmenjadi91adasiklusIII.Penerapanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)denganprosentaseketerlaksanaansebesar93%terbuktimampumeningkatkanaspekkognitifdanaspekafektifsiswa.