Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Singosari / Bahrul Arif
Main Author: | Bahrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/19478/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanobservasiawaldanwawancaradengangurufisikaSMPNegeri1Singosarididapatkanbahwanilairata-rataaspekkognitifsiswapadakelasVIIDmasihrendahyaitu62.Prosespembelajaranyangbiasadilaksanakanmenggunakanmodelceramahyaitupenyampaianmaterisecarautuhkepadasiswadandiselingidenganlatihan-latihansoalpembelajaransepertiinimenyebabkansiswacenderungpasifdanpembelajarankurangberartibagisiswa.Siswakurangmemperolehpengalamanlangsungdangurukurangmemberikankesempatansertakepercayaanterhadapdirisiswauntukaktifdalampembelajaran.Halinijugaberdampakpadarendahnyaaspekafektifsiswa.Berdasarkanpermasalahaninipenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS).Tujuandaripenelitianiniadalah1)melaksanakanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)2)meningkatkanaspekkognitifsiswadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)3)meningkatkanaspekafektifsiswadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasdenganmemberikantindakanberupapembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)yangterdiridari3siklus.SebagaisubjekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIIDSMPNegeri1Singosariberjumlah36siswa.Alatpengumpuldatayangdigunakandalampenelitianiniadalahtesaspekkognitiffisikaberupaulanganharianakhirsiklusdanlembarobservasiaspekafektifpadasaatprosespembelajaran.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswakelasVIIDSMPNegeri1Singosarimengalamipeningkatanaspekkognitifdanaspekafektifsetelahdiberitindakanberupapenerapanpembelajarankooperatifdenganmenggunakanmodeltwostaytwostray(TSTS).Peningkatanaspekkognitifditandaidenganmeningkatnyanilairata-ratasiswadarisebelumtindakan62meningkatpadasiklusImenjadi72meningkatpadasiklusIImenjadi80danmeningkatpadasiklusIIImenjadi88.Peningkatannilairata-rataaspekafektifdarisiklusIsebesar76meningkatmenjadi83padasiklusIIdanmeningkatmenjadi91adasiklusIII.Penerapanpembelajarankooperatifmodeltwostaytwostray(TSTS)denganprosentaseketerlaksanaansebesar93%terbuktimampumeningkatkanaspekkognitifdanaspekafektifsiswa.