Pengaruh perubahan panjang alur roller terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor matic 125 cc CBS ISS / Wiyan Dwi Pangestu
Main Author: | Pangestu, Wiyan Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/194606/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengurah dari perubahan panjang alur nbsp roller nbsp terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor Honda Vario 125 cc PGM-FI CBS ISS. nbsp Treatment nbsp ini banyak dilakukan oleh para pengendara motor nbsp matic nbsp ataupun komunitas-komunitas motor nbsp matic nbsp yang ada. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain nbsp quasi-experiment nbsp yang melibatkan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini perubahan panjang alur roller pada nbsp primary pulley. nbsp Proses perubahan panjang alur roller ini dengan menggunakan nbsp air belt sander nbsp yang biasa dimiliki oleh bengkel nbsp custom. Sedangkan untuk variabel terikat pada penelitian ini adalah daya mesin dan akselerasi kendaraan. Data diambil sebanyak 3 kali pada setiap perubahan variabel nbsp dan selanjutnya diambil rata ndash rata pada putaran nbsp 3000 rpm nbsp sampai dengan nbsp 8000 rpm dan dengan range 500 rpm. Daya yang dihasilkan oleh nbsp primary pulley nbsp standard pada putaran rpm 8000 ialah sebesar 10 281 HP sedangkan dengan putaran yang sama menggunakan nbsp primary pulley nbsp yang sudah di custom menghasilkan daya sebesar 10 905 HP. Sementara untuk akselerasi kendaraan yang dihasilkan ketika menggunakan nbsp primary pulley standard nbsp dari kecepatan 0-100 km/jam ditempuh dengan nbsp percepatan 2 05 m/s2 nbsp sedangkan untuk nbsp primary pulley custom nbsp dengan kecepatan yang sama ditempuh dengan nbsp percepatan nbsp 2 09 m/s2 Meski terlihat ada sedikit perubahan yang dihasilkan namun setelah dilakukan uji analisis menggunakan nbsp software spss 23 for windows nbsp didapatkan nilai nbsp signifikasi gt 0 05. nbsp Hal ini menandakan nbsp treatment nbsp perubahan panjang alur nbsp roller nbsp ini tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan nbsp baik pada daya mesin maupun akselerasi kendaraan yang dihasilkan.