Pengaruh literasi ekonomi, status sosial ekonomi, orang tua dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 Universitas Negeri Malang/ Faricha Karin Avida

Main Author: Avida, Faricha Karin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/194497/
Daftar Isi:
  • nbsp nbsp Pada era globalisasi saat ini mengakibatkan terjadinya pergeseran pola konsumsi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dampak dari globalisasi semakin terasa setelah muncul aplikasi belanja online yang menjual berbagai macam barang dan jasa yang tersedia. Masyarakat yang mengikuti perkembangan tersebut akan berpengaruh terhadap perilaku konsumsinya. Fenomena yang terjadi dalam masyarakat membuat sebagian mahasiswa cenderung memiliki sikap yang kurang rasional dalam berkonsumsi. Pola konsumsi dipengaruhi banyak hal. Dalam penelitian ini variabel yang dikaji yaitu literasi ekonomi status sosial ekonomi orangtua dan gaya hidup sebagai variabel yang mempengaruhi perilaku konsumsi. nbsp Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 Universitas Negeri Malang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah prpotional random sampling. Untuk menentukan besarnya sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 98 mahasiswa yang tersebar di 5 kelas dari populasi yang berjumlah 129 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes pilihan ganda. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. nbsp Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumsi status sosial ekonomi orangtua berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi dan gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 Universitas Negeri Malang. Dari hasil penelitian maka disarankan bagi mahasiswa lebih memahami literasi ekonomi sehingga dapat diterapkan kedalam aspek-aspek kehidupan dalam berperilaku ekonomi setiap hari agar lebih rasional dalam melakukan konsumsi. Bagi peneliti diharapkan meneliti variabel-variabel lain yang mempengaruhi perilaku konsumsi nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp diluar nbsp nbsp nbsp variabel yang nbsp nbsp nbsp nbsp diteliti.