Implementasi model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran administrasi pajak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di smk al asyariyah prambon / Devi Indah Permatasari
Main Author: | Permatasari, Devi Indah Permatasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/194384/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Ciri khas pendekatan PAR yaitu adanya kolaborasi antara peneliti dan subyek penelitian. Kolaborasi yang dilakukan peneliti bersama dengan subyek penelitian dalam meingkatkan motivasi belajar dengan cara menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat diterima oleh guru berdasarkan asumsi dari teori konstruktivisme yaitu siswa dapat membangun pengetahuan dan guru berperan sebagai fasilitator. Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran administrasi pajak dinilai lebih menarik dan inovatif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa